SOLOPOS.COM - Ilustrasi oksigen. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Persediaan oksigen di sejumlah rumah sakit di Kota Solo kritis atau nyaris habis, Jumat (9/7/2021) pagi. Informasi itu disampaikan tokoh masyarakat Solo, Sumartono Hadinoto, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon.

Beberapa menit sebelumnya dia juga sudah menyebarkan video berisi informasi terancam kosongnya stok oksigen di sejumlah rumah sakit di Kota Bengawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Video berdurasi kurang dari satu menit itu lantas dia sebarkan ke berbagai kolega dan kenalannya, termasuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Keren! Sekelompok Pemuda Solo Siap Bantu Sembako Gratis Untuk Warga Isoman, Ini Nomor Teleponnya

Kepada Solopos.com dia mengaku mendapat informasi dari sejumlah dokter ihwal kritisnya persediaan oksigen di sejumlah rumah sakit di Solo.

Sumartono mengaku tidak mempunyai kapasitas untuk menyampaikan informasi kepada publik ihwal persediaan oksigen di rumah sakit. Namun dia merasa perlu menyampaikan itu agar persoalan kritisnya persediaan oksigen bisa segera diatasi.

“Iya saya memang tidak punya kapasitas untuk menyampaikan soal tabung oksigen ini. Tapi atas dasar kemanusiaan saya sampaikan ini karena saya dapat telepon dari sejumlah dokter rumah sakit,” terang Sumartono.

Baca juga: 102 Warga Solo yang OTG Dievakuasi ke Tempat Isolasi Terpusat

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengonfirmasi sudah sepekan terakhir stok oksigen di sejumlah rumah sakit di Solo kritis. Persoalannya, lanjut dia, DKK hanya bisa sebatas menerima keluhan dari RS karena pasokan oksigen itu adalah kerja sama antara RS dengan perusahaan produsen oksigen.

“Kami tetap berusaha membantu mencarikan solusi,” kata Ning, sapaan akrabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya