Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?

Pendekatan live shopping menggunakan paltform media sosial diprediksi mengalami peningkatan ke depan dan akan makin banyak diadopsi oleh penyedia platform media sosial.
SHARE
Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja online. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Pendekatan live shopping menggunakan paltform media sosial diprediksi mengalami peningkatan ke depan dan akan makin banyak diadopsi oleh penyedia platform media sosial.

Peneliti ekonomi digital Institut for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menyebut strategi live shoping memiliki prinsip yang sama dengan etalase. Dinilai lebih menarik konsumen karena barang yang ditawarkan dapat disaksikan dan dideskripsikan dengan lebih terperinci.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Secara teori sih harusnya bisa berkontribusi positif terhadap permintaan penjualan ya,” ujarnya, Senin (24/1/2022) seperti dilansir Bisnis.

Menurut Huda, tingkat ketertarikan konsumen juga didukung oleh daya pikat penjual, cara promosi, harga, dan tampilan video. Terlebih, live shoping sering kali menwarkan harga yang lebih rendah atau diskon.

Baca Juga: Perusahaan Jasa Tirta I Siap Kembangkan Bisnis Air dan Non Air di 2022

Huda mengatakan, ke depan akan makin banyak platform yang dapat digunakan untuk live shoping. Untuk itu keberadaan e-commerce, yang juga menyediakan platform live shoping dapat disaingi oleh platfrom media sosial seperti Facebook (Meta), Instagram, dan TikTok.

“Bahkan saya membayangkan Whatsapp nanti bisa live juga, nanti akan sengit persaingannya,” jelas Huda.

Huda menjelaskan, ke depan para konsumen akan lebih memilih live shoping karena dinilai lebih informatif dan dapat melakukan interaksi lebih intens dengan penjual.

Baca Juga: KKN UNS Tim 310 Kembangkan UMKM di Wonogiri Dengan Pelatihan Bisnis Online

Persona Brand

Menurut survei yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center menyebut, selain berkomunikasi, akses internet digunakan paling banyak untuk berselancar di media sosial. Dari 10.000 responden, 49,8 persen diantaraya mengaku paling menggunakan internet untuk mengakses media sosial.

Adapun Facebook dan Instagram, platform yang sering digunakan untuk melakukan live shoping, menduduki posisi kedua (23,2 persen) dan ketiga (13,8 persen) sebagai media sosial yang paling dipercaya.

Selain itu, aplikasi e-commerce yang paling banyak digunakan yaitu Shopee (74,7 persen). Shopee merupakan e-commerce yang telah mengadopsi layanan live shoping di dalam sistem apikasinya.

Dalam laporan yang berjudul 10 Zillennial Megashift 2022 disebutkan, pada riset Salesforce 2020, Gen Z memiliki presentase lebih rendah dibanding milenial terkait kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Hanya 53 persen dari Gen Z yang juga melihat persona brand sebagai sesuatu yang autentik – lebih kecil dibanding milenial sebanyak 61 persen.

Baca Juga: Asosiasi Bank Syariah Indonesia Bekali Bisnis Online Pelaku UMKM

Laporan tersebut mengatakan, konsumen muda lebih menyukai pendekatan produk yang lebih realistis dan otentik. Hal ini yang kemudian menyebabkan adanya transisi kepercayaan dari brands dan mega influencers kepada micro influencers.

Dikatakan juga, micro Influencers adalah mereka yang berperan dalam memasarkan produk kepada Gen Z dengan cara yang lebih realistis. Biasanya mereka mengulas berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk tersebut, salah satunya melalui live shoping.

Masih dalam laporan yang sama, mengutip data dari hasil survei Forrester, sekitar 63 persen responden Gen Z menggunakan TikTok setiap minggunya. Platform data analisis Statista juga menemukan rata-rata pengguna TikTok berada di antara usia 13-24 tahun.

Secara umum TikTok juga merupakan media sosial yang pertumbuhannya pesat dan telah diunduh lebih dari 300 juta pengguna pada kuartal pertama dan kedua tahun 2020.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode