Persaingan Ketat, Berikut 5 Skill yang Harus Dimiliki di Era Digital 

Teknologi digital mampu menciptakan berbagai pekerjaan atau profesi baru yang menghasilkan pundi pundi uang. 
SHARE
Persaingan Ketat, Berikut 5 Skill yang Harus Dimiliki di Era Digital 
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (sheroes.com)

Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital dapat menjadi keuntungan dan tantangan bagi kaum milenial. Teknologi digital mampu menciptakan berbagai pekerjaan atau profesi baru yang menghasilkan pundi pundi uang.

Namun, dilansir dari Bisnis.com, perkembangan teknologi digital di Indonesia tampaknya belum diimbangi kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Dalam artian, masih ada kesenjangan SDM yang tinggi dalam dunia digital. Berkaitan dengan itu, diperlukan skill atau keterampilan diri agar dapat bersaing dalam dunia kerja.

Berikut 5 skill atau keterampilan yang dibutuhkan milenial dalam menghadapi era digital.

Baca Juga: Bisa Meningkatkan Bisnis, Begini Cara Mudah Merchant Daftar QRIS

1. Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan salah satu pekerjaan yang muncul karena maraknya penggunaan teknologi digital. Secara garis besar, sosial media marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan sosial media lainnya.

Menurut Kotler dan Keller, sosial media merupakan unsur penting dalam pemasaran digital. Media sosial berperan sebagai sarana untuk mengirim berbagai konten sebagai proyek dari sistem pemasaran digital.

Meskipun hanya terdengar sebagai pembuat konten, ada beberapa hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang sosial media marketing, seperti mempelajari selera pasar, platform media, waktu posting, serta bentuk konten apa yang paling dibutuhkan.

2. Desain Grafis

Desain grafis adalah pekerjaan menciptakan visual yang ditujukkan untuk kebutuhan pendidikan sampai komersial. Pekerjaan ini semakin diperlukan khususnya di era penggunaan teknologi digital.

Seorang desainer grafis bukan hanya harus memiliki kemampuan mendesain. Namun, diharuskan untuk memiliki kemampuan perencanaan desain, brainstorming, serta koordinasi dengan klien terkait karya visual yang menjadi proyeknya.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Berapa Sih Pajak Penghasilan Influencer dan Youtuber?

3.Content Writer

Content writer adalah pekerjaan yang semakin dibutuhkan di era digital karena dapat membantu promosi dan branding suatu produk atau perusahaan. Content Writer dapat diartikan sebagai pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan artikel untuk media atau website.

Untuk menjadi seorang content writer profesionalanda bukan hanya harus memiliki kemampuan menulis. Namun, diperlukan berbagai kemampuan seperti : riset, Search Engine Optimization (SEO), penggunaan sosial media, serta kemampuan menulis beragam hal.

4.Web Designer

Pekerjaan web designer menjadi banyak diminati setelah kebutuhan akan website semakin tinggi. Di era penggunaan teknologi digital saat ini, web designer dibutuhkan untuk membuat tampilan website menjadi menarik. Selain kemampuan mendesain, seorang web designer juga diharuskan memiliki kemampuan bahasa pemrograman setidaknya HTML.

Baca Juga: Viral karena Lecehkan Sukarelawan Bencana, Youtuber Meminta Maaf

5.Web Developer

Jika web designer bertugas membuat tampilan website menjadi menarik. Web developer memiliki tugas mengembangkan website dengan bahasa pemrograman, seperti JavaScript, Python, MySQL, serta bahasa pemrograman lain. Tugas utama seorang web developer adalah membuat database serta mengatur berbagai fitur website. Pekerjaan ini semakin dibutuhkan di era penggunaan teknologi digital yang semakin masif.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago