SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Perpustakaan Solo, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah optimistis pembangunan gedung selesai September mendatang.

Solopos.com, SOLO–Pembangunan gedung lantai III Perpustakaan Daerah (Perpusda) Solo baru menyentuh 60% meski proyek tinggal menyisakan waktu sebulan lagi. Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) tetap optimistis pembangunan senilai Rp2,8 miliar itu selesai tepat waktu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com, Kamis (4/8/2016), jajaran Komisi IV DPRD menggelar sidak pembangunan lantai III Perpusda. Saat sidak, pekerja masih sibuk mengerjakan konstruksi bangunan seperti atap. Ruang itu nantinya akan dimanfaatkan sebagai teater mini, tempat diskusi hingga menara pandang.

Menurut Sekretaris Komisi IV, Asih Sunjoto Putro, perkembangan pembangunan baru mencapai sekitar 60% hingga awal Agustus. Proyek lantai III Perpusda dimulai sejak 18 April dan ditarget selesai 15 September. Meski masih menyisakan 40% kekurangan pekerjaan, Asih melihat pembangunan dapat selesai tepat waktu.

“Kami lihat sudah cukup sesuai dengan time table pembangunan. Mestinya bisa selesai tepat waktu, apalagi intensitas hujan sudah menurun,” ujarnya saat ditemui wartawan di sela sidak.

Asih mengatakan pembangunan lantai III Perpusda tahun ini menyasar konstruksi, pembuatan ruang baca serta teater mini. Menurut Asih, butuh dana sekitar Rp2,5 miliar untuk menyempurnakan lantai III dengan penambahan menara pandang, lift serta sejumlah finishing. Namun, dia menyebut kebutuhan dana itu tidak mungkin dianggarkan tahun ini.

“Kemarin kami sempat menjajaki alokasi anggaran di APBD Perubahan (APBD-P) 2016. Namun karena ini proyek fisik, terlalu berisiko jika dianggarkan di APBD-P. Waktunya pengerjaannya sangat mepet,” ucapnya.

Komisi IV berkomitmen merampungkan penganggaran proyek Perpusda di 2017. Sebagai informasi, pembangunan Perpusda berlangsung secara bertahap sejak 2014. “Di APBD 2017 kami akan mendukung pengganggaran tahap akhir proyek Perpusda. Jangan sampai molor lagi,” kata Asih.

Kasi Pelayanan Perpustaakan Arpusda, Arif Muttaqin, siap mengajukan tambahan anggaran tahun depan untuk melengkapi fasilitas Perpusda. Disinggung kebutuhan dana, Arif masih enggan membeberkan. Menurut informasi yang dihimpun Solopos.com, butuh dana sekitar Rp4-5 miliar untuk merampungkan proyek. Anggaran itu termasuk pembuatan taman, kanopi dan lahan parkir di lantai I. “Kalau jumlah anggaran pastinya kami belum bisa menyebutkan. Kami perlu konsultasi dengan SKPD teknis untuk mengkaji kebutuhan pembangunan,” ujarnya.

Arif berharap finalisasi proyek Perpusda benar-benar terealisasi tahun depan. “Saat ini sudah ada sekitar 60 orang yang berkunjung ke perpustakaan per hari. Harapannya setelah fasilitas perpusda lengkap, pengunjung semakin meningkat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya