SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Ketenaran Perpustakaan Arum, di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, ternyata tidak hanya di wilayah Kulonprogo maupun DIY, tetapi sampai di Jawa Tengah. Hal ini terbukti dari kunjungan pengelola perpustakaan dari Karanganyar, Jawa Tengah, untuk studi banding di Perpustakaan Arum, Kamis (23/2).

Satu tim yang merupakan dari Perpustakaan Desa Qolbun Salim, Desa Tohudan, Kecamatan Colomadu, serta SMPN 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar, diterima langsung oleh Ketua Perpustakaan Arum, Sukardal serta para pengelolanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka melihat langsung penataan koleksi buku dan fasilitas lain di Perpustakaan Arum serta mendengarkan penjelasan  tentang berbagai kegiatan di perpustakaan yang telah meraih juara II tingkat Nasional tersebut.

Kepala Perpustakaan Desa Qolbun Salim, Legowo, mengungkapkan, kunjungan itu merupakan salah satu upaya persiapan karena perpustakaan itu akan maju dalam ajang lomba perpustakaan tingkat Provinsi, sedangkan Perpustakaan SMPN 2 Colomadu akan maju ke tingkat nasional. “Makanya, kami ingin tahu bagaimana pengelolaan dan upaya yang
dilakukan hingga perpustakaan Arum ini meraih juara dua tingkat Nasional,” jelas Legowo.

Dari hasil mendengarkan penjelasan pengelola, ia menyimpulkan salah satu faktor majunya perpustakaan adalah inovasi yang dilakukan pengelola perpustakaan Arum, yakni membuat pojok baca di angkringan.

Sukardal didampingi pengelola perpustakaan, Pradita menjelaskan, perpustakaan yang didirikan sejak tahun 1983 itu telah memiliki 8.100 buku terdiri 2.300 judul. “Kami selalu berinovasi untuk menarik minat baca masyarakat, sebab perpustakaan tanpa pembaca sama dengan gudang buku,” jelasnya. (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya