SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perpustakaan. (Dok/JIBI/Solopos)

 Ilustrasi Perpustakaan (Dok/JIBI/Solopos)


Ilustrasi Perpustakaan (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Sragen mencanangkan pembentukan perpustakaan mini di setiap kecamatan. Pembentukan perpustakaan kecamatan ini bakal dimulai dari kecamatan Gemolong.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Perpusda Sragen, Tri Andiyas Woro Retno, mengatakan setelah satu kecamatan berhasil, bakal dikembangkan ke semua kecamatan di Sragen. Namun, wacana pengembangan perpustakaan kecamatan tersebut masih menunggu anggaran dana. Pasalnya, dari pemerintah pusat ataupun daerah tak ada anggaran khusus untuk pembentukan perpustakaan kecamatan. Program yang sejak lama ini sudah berjalan justru perpustakaan desa.

Di Kabupaten Sragen, kata Woro, hingga saat ini sudah ada sekitar 20 lebih desa yang memiliki perpustakaan sendiri. Pengelolaan perpustakaan dilakukan oleh para sukarelawan desa dengan buku yang merupakan sumbangan penuh dari pemerintah daerah.

“Selama ini yang justru ada ialah perpustakana desa. Sementara, perpustakaan kecamatan malah enggak ada. Padahal, jaringannya seharusnya enggak boleh putus dari Pemda ke kecamatan baru desa,” ungkapnya, akhir pekan kemarin.

Salah satu anggota staf di Perpusda, Romi, menambahkan sama halnya dengan perpustakaan desa, Perpusda Sragen bakal mendrop seribuan buku ke perpustakaan kecamatan.  Buku-buku tersebut terdiri dari berbagai jenis, mulai dari buku bacaan untuk anak-anak hingga panduan untuk wirausahawan pemula.   Pemda juga bakal memberikan rak kayu sebagai sarana-prasarana penunjang perpustakaan tersebut. sementara, untuk masalah pengelolaan diserahkan langsung ke kecamatan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya