SOLOPOS.COM - Wakil Sekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto, dalam jumpa pers di kantor NPC Indonesia. (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Peraturan Presiden (Perpres) terkait penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) XI tahun 2022 di Jawa Tengah resmi diterbitkan pada 17 Juni 2022. Perpres itu mengatur jalannya penyelenggaran APG di Indonesia.

Terbitnya Perpres No. 95/2022 tentang penyelenggaraan APG XI itu otomatis membuat langkah Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) dalam mempersiapkan ajang untuk atlet disabilitas lebih pasti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan adanya Perpres ini, kami bisa melangkah lebih pasti,” ungkap Secretary General INASPOC Rima Ferdianto, Sabtu (18/6/2022) malam.

Sebanyak 5 bidang pokok dan 24 sub bidang yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan APG sudah bisa dikerjakan dengan penuh. “Mulai Minggu depan, kami sudah akan disupport oleh 14 Kementerian untuk penyelenggaraan APG,”

Rima mengatakan pekan depan empat kementerian dijadwalkan tiba di Solo untuk memulai pekerjaannya terkait teknis penyelenggaraan APG. Rima menyebut bahwa pihaknya menaruh perhatian lebih pada mekanisme penyelenggaraan APG XI agar kasus penyebaran virus corona tidak kembali meningkat.

Termasuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan menentukan metode protokol kesehatan. Hingga saat ini belum diketahui teknis penerapan pencegahan virus corona.

Baca Juga: Waduh! Kolam Renang Intanpari Karanganyar Batal Jadi Venue APG 2022

Rima menambahkan akan mematuhi seluruh keputusan dari Kemenkes terkait penerapan protokol kesehatan. “Yang jelas kami ingin tetap pertandingan berjalan, karena antusias dari 11 negara pendaftar,” kata dia.

APG bakal di gelar di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang. APG menggunakan maskot keris dan maskot Rajamala sebagai identitas Kota Solo.

APG sebagai acara multi-olahraga dua tahunan bakal diikuti oleh 2.309 peserta yang terdiri dari 1.648 atlet dan 661 ofisial dari 11 negara di Asia Tenggara (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam). 11th ASEAN Para Games itu akan mempertandingkan empat belas cabang olahraga yaitu blind judo, para badminton, para table tennis, para chess, para archery, para atletik, boccia, para powerlifting, para swimming, wheelchair tennis, wheelchair basketball, goalball, CP football, dan sitting volleyball. (Ichsan Kholif Rahman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya