Perombakan Jl. HOS Cokroaminoto Ponorogo Dimulai, Anggaran Proyek Hasil Sumbangan
Solopos.com|jatim

Perombakan Jl. HOS Cokroaminoto Ponorogo Dimulai, Anggaran Proyek Hasil Sumbangan

Penataan wajah Jl HOS Cokroaminoto, Ponorogo sudah dimulai. Nantinya jalan protokol di Ponorogo ini akan lebih memiliki karakter daerah.

Solopos.com, PONOROGO -- Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mulai merealisasikan penataan wajah secara total atau face off Jl. HOS Cokroaminoto yang menjadi jalan utama di Kkabupaten Reyog ini. Start penataan wajah kota ini ditandai dengan pengecoran tiang lampu dan peletakan beton pinggiran trotoar di jalan tersebut, Jumat (16/4/2021).

Pengecoran itu dilakukan di depan Masjid Darul Hikmah dan di depan BRI Cabang Ponorogo, serta di depan Indomaret Ngepos.

Sugiri menyampaikan face off ini bertujuan untuk membangkitkan kembali karakter Ponorogo. Sehingga akan berdampak pada sektor ekonomi dan budaya.

“Di tengah pandemi ini, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, dan kita harus bisa membangkitkan ekonomi. Face off ini jawaban untuk tetap sehat dan ekonomi segera bangkit menuju Ponorogo yang lebih baik,” kata Sugiri dalam siaran pers.

Baca Juga: Geger Biaya Pemakaman di Ponorogo Rp5 Juta Sampai Sekda Turun Tangan, Begini Ceritanya

Menurut dia, face off Jl. Hadji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto membawa pesan mendalam. Seperti penggunaan nama jalan tersebut sebagai salah satu penghargaan terhadap seorang pahlawan. Apalagi Cokroaminoto adalah sesosok pahlawan yang terlahir di Ponorogo dan melahirkan banyak tokoh nasional.

“Saya ingin kita semua bangga menjadi orang Ponorogo, lahir dari kota yang memiliki tokoh yang hebat sehingga kita selalu bisa menjadi generasi yang hebat pula,” jelas Sugiri.

Sumbangan

Anggaran yang digunakan untuk menata Jl. HOS Cokroaminoto merupakan sumbangsih dari sejumlah lembaga, seperti Muhammadiyah, NU, Pondok Modern Darussalam Gontor, BNI, BRI, Bank Jatim, BTN, dan lainnya. Konsep penataan di jalan ini akan dimulai dari perempatan Pasar Legi ke selatan dan berakhir di pertigaan Ngepos Ponorogo.

Pedestarian yang ada di jalan tersebut akan diperlebar 2,5 meter. Sehingga jalan yang saat ini ada yakni sepanjang 17 meter akan dikurangi menjadi 12 meter. Selain memperlebar trotoar, juga akan ada penggantian sejumlah pohon, pemasangan sejumlah lampu, pemasangan bangku, pembuatan spot foto, dan penyediaan area parkir.

Baca Juga: Antisipasi Perantau Nekat Mudik, Ponorogo Siapkan GeNose C-19 di Pintu Masuk

Arus lalu lintas di Jl. dr. Soetomo juga direncanakan akan diubah menjadi satu arah dari barat ke timur atau berlawanan dengan arus searah saat ini.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago