SOLOPOS.COM - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram @erinagudono)

Solopos.com, SOLO-Pernikahan Kaesang PangarepErina Gudono akan mengusung konsep Mataram Islam. Bukan tanpa sebab, ini terkait dengan darimana keduanya berasal.

Sebagaimana diketahui persiapan pernikahan putra Presiden Jokowi dan finalis Puteri Indonesia 2022 itu sudah rampung. Prosesi akad nikah akan diadakan pada 10 Desember 2022 dan ngundhuh mantu diadakan pada 11 Desember 2022 di Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami dari Asmoro mendapat amanah untuk mendekor acara ngunduh mantu di loji gandrung, sedangkan di  Mangkunegaran itu sifatnya hanya pesta. Kayak pesta resepsi menerima tamu, tidak ada upacara adat. Temanya Mataram Islam. Semua bentuk ornamen itu kami ambil dari Mataram Islam Solo dan Jogja,”  ujar  jar art director Asmoro Decoration, Pandji Vasco Da Gama, dikutip dari kanal YouTube Berita Surakarta, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Kenali Manfaat Pingitan Jelang Pernikahan Seperti Dilakoni Erina Gudono

Sementara pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, menjelaskan alasan pemilihan Mataram Islam sebagai konsep pernikahan Kaesang-Erina Gudono. “Kenapa Mataram Islam? Karena itu adalah cikal bakal dari keraton Surakarta dan Yogyakarta,” kata Ranu Asmoro.

Sebagai pengaplikasian dari Mataram Islam untuk konsep pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, tim dekorasi akan menggunakan punden mrajak sewu.  “Di bagian bawah punden, akan ada daun jati. Kami mengimajinasikan sebagai alas berdirinya keraton Yogyakarta dan Solo,” ujar Pandji Vasco Da Gama.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Siapkan 10 Undangan ke Pernikahan untuk Warganet

Tim dekorasi juga akan menggabungkan sejumlah ornamen yang berasal dari Yogyakarta dan Solo. “Untuk Yogyakarta, itu hadir dari flora, tanaman dan simpel. Kalau Solo, itu yang ukiran fauna lebih detail,” imbuh Pandji memaparkan.

Acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono juga akan dibanjiri dengan sejumlah bunga. Meski ada bermacam-macam, bunga tersebut dipersatukan dengan nuansa putih.

“Bunga-bunganya nanti ada anggrek, casablanca, peacock, dan baby breath,” jelas Pandji.

Baca Juga: Kaesang-Erina Gudono akan Menikah, Begini Kabar Felicia Tissue Sekarang

Bocoran lainnya akan ada kereta kencana. Nantinya setelah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono turun panggung, mereka akan menaikinya.  “Ada dua kereta kencana. Satu dalam Loji Gandrung, satu lainnya ada di luar,” ujarnya mengakhiri.

Menurut Pandji, berdasarkan hasil pertemuan dengan pihak Pura Mangkunegaran, lokasi tersebut hanya untuk menerima tamu dan tidak ada upacara adat. Kendati demikian ada beberapa aturan yang harus dipatuhi misalnya tidak boleh membelakangi pringgitan, pringgitan tidak dibuka untuk umum, termasuk gamelan ada beberapa yang tidak boleh turun dari pendapa Pura Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya