SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat berada di Soga Resto kompleks Museum Danar Hadi Solo, Minggu (4/12/2022). Presiden Jokowi mengikuti rapat terkait pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono. (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Solo dan Jogja apabila pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono mengganggu aktivitas perjalanan dan arus lalu lintas.

Pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu akan digelar di Jogja pada Sabtu (10/12/2022) dan ngunduh mantu akan dilaksanakan di Kota Solo pada Minggu (11/12/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan itu di sela-sela rapat persiapan pernikahan Kaesang-Erina Gudono di Ndalem Wuryaningratan kompleks Museum Batik Danar Hadi di Jl. Slamet Riyadi Solo pada Minggu (4/12/2022).

“Saya memohon maaf kepada masyarakat Jogja dan Solo jika terganggu perjalanannya. Mudahan-mudahan tidak ada yang terganggu. Namun, jika ada saya memohon maaf,” kata dia, Minggu.

Ada hal berbeda yang dilakukan Presiden Jokowi pada proses persiapan pernikahan anak bungsunya jika dibandingkan dengan saat pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan putrinya Kahiyang Ayu. Presiden Jokowi memilih berkantor sementara di Solo selama beberapa hari saat mempersiapkan pernikahan Gibran dan Kahiyang.

Baca Juga : Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo Dibagi 2 Sesi

Namun, saat pernikahan Kaesang, Presiden Jokowi kemungkinan tiba di Jogja atau Solo pada Jumat (9/12/2022). “Nanti malam saya harus terbang lagi karena ada beberapa agenda kegiatan. Melihat situasi dan kondisi nanti [kapan tiba di Joga atau Solo]. Tapi Ibu [Iriana] sudah di sini dua pekan,” ujar dia.

Ditanya tentang pingitan dalam prosesi pernikahan adat Jawa, Jokowi menyebut Kaesang masih bekerja di Jakarta. “[Kaesang] dipingit di Jakarta, di kantornya. Ini saya tadi telepon masih kerja. Minggu-minggu masih sibuk kerja,” tutur Presiden Jokowi sembari tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya