Pernikahan Kaesang - Erina, Ini Penampakan Jarit Cinde untuk Prosesi Siraman

Kesang Pangarep dan Erina Gudono akan memakai jarit cinde saat prosesi siraman menjelang pernikahan pada Desember 2022 mendatang.
SHARE
Pernikahan Kaesang - Erina, Ini Penampakan Jarit Cinde untuk Prosesi Siraman
SOLOPOS.COM - Salah satu karyawan penjahit Busana Jawi Suratman menunjukkan kain jarit cinde yang akan dipakai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat proses siraman. Foto diambil di lokasi penjahit Busana Jawi Suratman, Keprabon, Banjarsari, Solo, Kamis (24/11/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, bakal memakai jarit jenis cinde saat prosesi siraman adat upacara pernikahan dengan Erina Gudono pada Desember 2022 mendatang.

Filosofi jarit cinde dalam proses pernikahan adalah memulai kehidupan baru bagi kedua mempelai yang bersanding di pelaminan. Dalam tradisi Jawa, biasanya calon pengantin melakoni siraman sebelum menikah yang bermakna membersihkan diri sebelum memulai kehidupan baru.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Saat prosesi siraman, calon pengantin memohon izin dan doa restu dari orang tuanya. Calon pengantin memakai motif batik tertentu saat menjalani prosesi siraman. Calon pengantin bakal memakai kain atau jarit jenis cinde. Begitu pula, prosesi siraman dalam pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina.

“Nanti, Mas Kaesang memakai kain cinde warna merah yang relatif mencolok. Beliau sudah datang ke sini untuk mengukur lingkar pinggang untuk jarit cinde,” kata seorang karyawan Busana Jawi Suratman, Warsito Wiyono, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (24/11/2022).

Biasanya, prosesi siraman dalam upacara penikahan tradisi Jawa dilaksanakan di rumah calon pengantin. Kemungkinan besar, prosesi siraman digelar di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari.

Baca Juga: Beredar Kabar Upacara Adat Ngunduh Mantu Kaesang Digelar di Loji Gandrung Solo

Nantinya, prosesi siraman juga dihadiri kerabat keluarga Presiden Jokowi. Setelah prosesi siraman rampung, calon pengantin bakal berganti pakaian dengan memakai jarit lainnya. “Jarit cinde ini disimpan di lemari khusus karena untuk calon pengantin. Apalagi, calon pengantinnya putra Presiden,” ujarnya.

Menurut Warsito, Busana Jawi Suratman merupakan penjahit langganan keluarga Presiden Jokowi. Semasa masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi kerap order pembuatan busana Jawi jangkep yang dipakai saat menghadiri pernikahan.

Saat menjabat sebagai presiden, keluarga Jokowi juga selalu order pembuatan busana Jawi jangkep. “Saat pernikahan Mas Gibran [Gibran Rakabuming Raka] dan Mbak Kahiyang [Kahiyang Ayu], kami selalu membuat busana Jawi jangkep untuk keluarga Pak Jokowi,” ujarnya.

Baca Juga: 86 Busana Jawi Jangkep Pernikahan Kaesang Dibuat oleh Penjahit di Keprabon Solo

Sebelumnya diberitakan, keluarga Presiden Jokowi sudah memesan 86 setel busana Jawi jangkep untuk kerabat dan panitia acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada Desember mendatang.

Setelah akad nikah di Jogja, Kaesang dan Erina dikabarkan akan menggelar upacara adat ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo. Sementara resepsi rencananya digelar di Pura Mangkunegaran Solo.




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode