Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK Terkait Politik? Ini Penjelasan Istana

Ali Mochtar Ngabalin mengatakan tidak ada urusan politik dalam pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan adik Presiden Jokowi, Idayati. Apalagi, masa jabatan Presiden Jokowi tidak lama lagi akan berakhir.
SHARE
Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK Terkait Politik? Ini Penjelasan Istana
SOLOPOS.COM - Adik Presiden Jokowi, Idayati (kanan) yang menikah dengan Ketua MK Anwar Usman menunjukkan cincin pernikahan pada rangkaian prosesi akad nikah di Grha Saba Buana, Sumber, Solo, Kamis (26/5/2022).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO –Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menikahkan adiknya Idayati dengan Ketua MK, Anwar Usman di Solo, Kamis (26/5/2022). Terkait pernikahan ini terkadang orang sulit membedakan urusan pribadi dengan kepentingan negara.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan tidak ada urusan politik dalam pernikahan Ketua MK dengan Idayati. Apalagi, masa jabatan Presiden Jokowi tidak lama lagi akan berakhir.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Kepentingan politik apalagi? Pak Jokowi akan segera selesai [jabatannya]. Kemarin memang muncul itu. Orang susah membedakan urusan privat, urusan privasi, urusan pribadi, urusan keluarga dengan urusan negara,” kata Ngabalin saat ditanya wartawan di Solo, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Profil Ketua MK Anwar Usman, Adik Ipar Baru Presiden Jokowi

Dia mengklaim Anwar Usman merupakan sosok pejabat tinggi negara yang memiliki watak yang baik. Sebagai contoh Anwar saat menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tidak bertemu dengan pejabat lain berdua namun minimal bertiga.

“Namun saya tidak pernah bertemu di luar kecuali di Istana Negara. Kalau orang menyebutkan perkawinan politik apanya lagi dengan Jokowi. Pak Jokowi sudah selesai. MK harus dijaga dan sosok Pak Anwar sebagai seorang laki-laki mempersunting perempuan Jawa Solo ini merupakan rahmat berkah luar biasa. Mari dengan akal yang sehat. Berprasangka yang baik, ” ungkapnya.

Menurut dia, pernikahan itu merupakan satu kegiatan yang telah diperintahkan agama menjadi sesuatu mulia dan bagian dari ibadah. Anwar sadar tidak ada yang menghalangi jodoh manusia karena merupakan kuasa Allah mempertemukan dua insan manusia.

Baca Juga: Dua Saksi Pernikahan Adik Jokowi Sudah Tiba Satu Jam Sebelum Akad Nikah

“Dua kultur yang luar biasa perbedaannya Mbakyu [adik Jokowi] ini orang Solo sangat klasik Jawanya. Ditambah satunya lihat jambangnya seperti saya, dengan muka posturnya itu hlo orang tegas, orang berani, dan pelindung. Saya bukan kenal sehari dua hari sama Pak Anwar. Setelah menjadi ketua MK sekalipun tidak pernah kecuali mondar-mandir di Istana Negara sering ketemu dan sangat akrab,” paparnya.

“Karena itu kami doakan ingin semoga pengalaman antara Mbakyu dan Pak Prof Anwar menjadi soko guru terpenting dengan rahmat, kasih sayang, wawadah dan warahmah. Kemurahan Allah mewarnai kehidupannya karena berangkat dari pengalaman masing masing usia yang matang,” ujarnya.

Sebelumnya, ketika rencana pernikahan Anwar Usman dan adik Jokowi merebak, yang menjadi sorotan adalah konflik kepentingan. Anwar disarankan mundur dari jabatannya sebagai Ketua MK untuk menghindari konflik kepentingan.

Baca Juga: Sah Suami Istri! Ini Mahar Pernikahan Adik Jokowi & Ketua MK

“Demi cinta kepada MK dan pujaan hati harusnya mundur [dari Ketua MK]. karena potensi konflik kepentingan akan membuat orang berprasangka dengan putusan MK,” kata Direktur Pusat Studi Konstitusi Feri Amsari saat dihubungi Selasa (22/3/2022).

Dia menjelaskan pernikahan tersebut menimbulkan dampak ketatanegaraan. Bagaimanapun, Ketua MK akan menyidangkan perkara-perkara yang berkaitan dengan presiden dan kepentingan politik kepala negara. Contohnya yang saat ini sedang berlangsung adalah pengujian Undang Undang (UU) Ibu Kota Negara.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago