SOLOPOS.COM - Instalasi cahaya serta pernak-pernik Natal dan Tahun Baru akhirnya mulai menyala untuk kali pertama di kawasan Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Urip Sumoharjo, Solo, Kamis (1/11/2022). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO – Instalasi cahaya serta pernak-pernik Natal dan Tahun Baru akhirnya mulai menyala untuk kali pertama di kawasan Jl. Jend Sudirman dan Jl. Urip Sumoharjo, Solo, Kamis (1/12/2022). Momen itu menjadi penanda Kota Solo sebagai kota yang beragam, nyaman, dan aman.

Kebiasaan menghias pohon Natal telah berkembang di belahan dunia khususnya bagi umat Kristiani, termasuk di Kota Solo. Selain gereja dan rumah-rumah warga, pohon natal biasanya menghiasi di hotel maupun pusat perbelanjaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun berbeda untuk Natal dan Tahun Baru kali ini, pernak-pernik menghiasi kawasan Balai Kota Solo dan dan Tugu Jam Pasar Gede. Instalasi itu menjadi penerus upaya Kota Solo yang meramaikan kawasan tersebut pada momen tertentu. Sebelumnya, selama 2022, instalasi cahaya bertema Imlek, Idul Fitri, dan  Hari Kemerdekaan sekaligus bulan Sura telah berlangsung dengan sukses.

Pantauan Solopos.com, ratusan orang telah memadati halaman Balai Kota Solo pukul 18.30 WIB. Mereka berasal dari berbagai usia mulai dari balita sampai lansia. Kondisi Jl. Jend Sudirman Solo tepatnya di depan Balai Kota Solo semakin padat pukul 19.00 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Terdapat pertunjukkan keroncong di sisi timur halaman Balai Kota Solo. Keroncong melantunkan lagu-lagu rohani. Selanjutnya ada atraksi tarian balet.

Tampak hadir Mantan Wali F. X. Hadi Rudyatmo. Rudy, sapaannya ke panggung mengajak warga berdiri lalu menyanyikan lagu kebangsaan. Hadir pula Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo.

Baca Juga: Intip Promo Menarik Hotel Alila Solo untuk Rayakan Natal & Tahun Baru

Kemudian Ketua Badan Antar Gereja Kristen Solo Anton Karundeng serta Vikep Solo Romo Robertus Budi Haryana memimpin doa untuk mewakili umat Kristen dan Katolik sebelum penyalaan instalasi cahaya.

Di Jl Jend Sudirman, ada 12 pohon natal dengan ketinggian tiga meter dan satu pohon natal dengan ketinggian lima meter. Setiap pohon memiliki material yang berbeda-beda, antara lain tambahan material capil, botol, dan bambu.

Satu pohon memancarkan kelap-kelip lampu yang beragam. Ada juga yang memancarkan lampu kuning saja. Warga yang memadati Jl. Jend. Sudirman sejak sore tidak memanfaatkan pernak-pernik Natal itu untuk berfoto.

Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Beras ke Pasar untuk Stabilkan Harga Jelang Natal

Selain pohon natal, ada snowman yang menyala putih di dekat Tugu Pemandengan. Ada juga pernak-pernik lampu yang didominasi hijau dan merah di jembatan Jl. Urip Sumoharjo serta pepohonan di Balai Kota Solo.

Instalasi sinterklas, enam rusa, gingerbread, lilin, dan  lima pohon natal di depan Balai Kota Solo menjadi perhatian para pengunjung. Bahkan sebelum instalasi sinterklas menyala, para pengunjung sudah mengabadikan momen itu dengan foto.

Ketua Pelaksana dan Panitia Bersama Natal 2022 Kota Solo, Sumartono Hadinoto, mengaku sempat berdiskusi dengan Wali Kota Solo tentang upaya meningkatkan perekonomian Kota Solo sebelum Imlek terakhir. Wali Kota Solo ingin tidak hanya Imlek yang dimeriahkan di kawasan Balai Kota Solo.

Pemkot Solo sebelumnya juga memeriahkan Lebaran, Hari Kemerdekaan dan Sura dengan instalasi cahaya. Panitia Bersama Natal 2022 Kota Solo kemudian menemui Wali Kota Solo untuk membuat acara untuk memeriahkan Natal di Jl. Jend. Sudirman.

Baca Juga: Pengumuman! CFD Boyolali Desember 2022 Cuma Dua Kali, Ini Alasannya

“Kami memetakan untuk mendukung keberagaman dan kebhinekaan Kota Solo, mem-branding kota wisata, destinasi ternyaman dan teraman di Solo, serta menghidupkan PKL [pedagang kaki lima], kami siap membuat acara Natal dan Imlek,” kata dia.

Selain instalasi cahaya, lanjut Martono, penyelenggara bakal menampilkan atraksi berupa lagu-lagu Natal pada Jumat, Sabtu, Minggu selama Desember 2022 kecuali akhir pekan ketika ada rangkaian pesta pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono.

Terkait PKL, menurut Martono, biasanya karang taruna wilayah setempat yang meramaikan. Panitia Bersama Natal 2022 Kota Solo tidak menyediakan fasilitas bagi PKL namun kemungkinan nantinya diakomodasi karangtaruna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya