SOLOPOS.COM - Mario Iroth menunjukkan kepada awak media pengalaman selama ia berkeliling dunia mengendarai sepeda motor. (Ponco Wiyono-Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — YouTuber spesialis touring Mario Iroth punya pesan khusus untuk para pengendara motor yang suka menjelajah dengan jarak jauh. Memiliki kenalan orang lokal di tempat yang akan dituju menjadi hal penting bagi biker sepertinya sebelum menuju ke suatu tempat.

Ditemui Solopos.com saat acara CB150X City Fun Challenge pada Sabtu (10/12/2022), Mario mengaku memiliki koneksi di setiap tempat yang pernah ia kunjungi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bahkan saya punya kenalan di setiap provinsi di negara yang sudah saya kunjungi. Gunanya adalah saat kita berkunjung ke sana, ada yang membimbing dan memberi masukan. Amit-amit kalau terjadi sesuatu ya, tapi setidaknya jika ada kenalan kita bisa lebih nyaman,” ujar lelaki berdarah Minahasa ini.

Secara keseluruhan, Mario sudah mengunjungi 79 negara di seluruh dunia. Terakhir, ia singgah di negara bagian Alaska, Amerika Serikat.

Mario sendiri mengaku terpikat dengan keindahan alam dan kebaikan orang-orang benua Amerika, yang sama antusiasnya dengan orang Indonesia saat menerima pengembara dari jauh.

Baca Juga: Di Banyumas, Rais Aam PBNU Ingatkan Warga Nahdliyin soal Tanda-Tanda Kiamat

“Terutama Amerika Latin ya, saya mengalami banyak pengalaman istimewa. Di Guatemala, saya pernah ketemu orang naik Honda Supra yang membuat saya rindu rumah. Lalu di Meksiko ada biker yang memasang speaker dan balon di motornya yang membuat saya terbahak-bahak,” sambungnya.

Sementara untuk Indonesia, Mario mengaku menyukai pemandangan alam Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Saya masih penasaran dengan negara-negara berakhiran stan, seperti Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan. Sebab selama ini belum pernah saya lewat jalur yang melewati negara itu,” tutur lelaki berlogat Manado ini.

Touring Pakai Motor Standar 

Mario yang selama ini dikenal sebagai YouTuber yang mundur dari pekerjaan kantoran demi berkeliling dunia ini mengaku, berkelana mengitari bumi memerlukan kesiapan di banyak hal.

Baca Juga: Seru! Penyandang Difabel Semarang Unjuk Karya di Festival Kreatif Inklusif

Selain koneksi kenalan, kesiapan tunggangan juga menjadi hal mendasar yang wajib diperhatikan.

“Jaga kesehatan Anda dan motor. Pakai spek standar saja, itu sudah bagus. Perkakas juga disiapkan baik,” bebernya.

Mario menandaskan, biker sebaiknya membawa uang saku yang cukup namun tidak sepenuhnya dibawa tunai. Hal ini disarankan demi keamanan para pengendara sendiri.

“Bawa uang tunai yang cukup selebihnya cashless karena di luar sana banyak kemungkinan terjadinya kriminalitas. Dokumen juga jangan lupa  paspor bisa diurus di situs imigrasi, tidak perlu repot ke Jakarta,” pungkasnya.

CB150X Fun Challenge diikuti wartawan, vlogger, dan komunitas Honda CB150X  se-Jawa Tengah. Kegiatan yang menghadirkan bintang tamu Mario Iroth ini diisi dengan berkendara bersama dari Kota Lama Semarang menuju dataran tinggi Kopeng di Kabupaten Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya