SOLOPOS.COM - Pengunjung berjalan-jalan di Alun-alun Utara Keraton Solo saat Pasar Malam Sekaten 2022 pada hari pertama dibuka, Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pengguna Twitter membagikan pengalamannya saat mengunjungi Pasar Malam Sekaten di Solo di masa lalu kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Penelusuran Solopos.com, Wali Kota Solo melalui akun Twitter-nya @gibran_tweet menanyakan siapa yang masa kecilnya pernah hilang waktu diajak orang tuanya ke Pasar Malam Sekaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ono seng cilikane tau ilang pas diajak bapak ibune neng sekaten?” begitu cuitan Wali Kota Solo, Jumat (16/8/2022) malam. Tweet itu mendapatkan sejumlah balasan, 38 Retweet, 26 Tweet Kutipan, dan 729 suka, Minggu (18/9/2022) siang.

Sejumlah pengguna Twitter membalas mengenai pengalaman pernah hilang di Pasar Malam Sekaten Solo, kehilangan dompet, dan kehilangan sepeda motor.

Salah satunya pengguna @arill_ia. “aku mas.. trus ditemu karo bakul celengan macan,” tulisnya dengan emoji angkat tangan.

Baca Juga: Baru Dibuka, Pasar Malam Sekaten Solo Langsung Diserbu Pengunjung

Pengguna akun Twitter lainnya, @nfitrin_, menjelaskan belum pernah mengalami namun tetangganya pernah ada yang terpisah dari rombongan. Tetangga itu pulang dengan naik becak dari lokasi Sekaten sampai kawasan Embarkasi Haji, Boyolali.

Pengguna akun @emtetees membalas Tweet Gibran dengan cerita sepeda motor milik bapaknya hilang di parkiran Pasar Malam Sekaten Solo. “Tahun 1990an, motor vespa bapak ilang di parkiran sekaten. Pulang rumah diantar mobil kijang pickup Polisi pos Klewer,” tulisnya.

Lalu pengguna akun @kukuh_budiarto menceritakan bapaknya tidak kehilangan anak namun pernah kecopetan. Isi dompet bapaknya hanya ada girik rentenir.

Baca Juga: Diramaikan 800 Stan dan Belasan Artis, Pasar Malam Sekaten Solo Dibuka Hari Ini

Penampilan Artis

Ora ilang anak e sih. Tapi bapaku pernah kelangan dompet alias kecopetan. Padahal isi dompet e mung girik bank plecit. Mudeng kan? Sing bentuk e kotak cilik” tulisane tanggal lebon. Wkwkwkkw,” tulisnya.

Ada pun Wali Kota Solo melalui akun Twitternya menjelaskan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar Pasar Malam Sekaten 2022 pada 16 September sampai 16 Oktober 2022. Acara itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan.

Ada bazar, thrift, pasar kerajinan, pasar rakyat, pameran furnitur, kuliner nusantara, gamelan Sekaten, kesenian daerah, band lokal hingga keroncong.

Baca Juga: Tiket Nonton Farel Prayoga dan Artis Lain di Sekaten Solo Dijual On The Spot

Sebelumnya, pengunjung langsung menyerbu Pasar Malam Sekaten 2022 di Alun-alun Utara dan Kidul Keratob Solo pada hari pertama pembukaan, Jumat (16/9/2022) malam. OM Sagita menemani pengunjung di panggung hiburan di Alkid pada malam tersebut.

Selain itu ada sederet artis yang akan tampil di panggung Sekaten, di antaranya Farel Prayoga, Denny Caknan, Happy Asmara, Abah Lala, Dara The Virgin, dan sejumlah penampil lain.

Sementara Keraton Solo juga memastikan akan menggelar dua ritual utama Sekaten yakni tabuh gamelan pusaka dan Grebeg Mulud berupa kirab gunungan dari kompleks Keraton Solo ke Masjid Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya