SOLOPOS.COM - Suasana Sendang Gotan di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Rabu (8/6/2022). (Solopos/Fahmi Ghiffari)

Solopos.com, KLATEN — Air di Sendang Gotan, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dipercaya bisa menyembuhkan luka luar.

Bukan hanya itu saja, air di sendang ini diklaim juga bisa menyembuhkan patah tulang. Ketua Rukun Warga (RW) 015, Suparman, membenarkan mitos tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan, saking terkenalnya mitos tersebut ada dari pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan penelitian terkait kandungan air di sendang tersebut. Dari penelitian tersebut, diketahui air di sendang ini mengandung mineral dan juga bakteri.

“Kalau tidak salah dulu dari Universitas Gadjah Mada. Hasilnya memang [air] dari Sumber Gotan mengandung mineral tinggi. Tapi karena dikelilingi pohon-pohon tinggi terus daun jatuh ke air ditemukan bakteri juga,” jelas Suparman saat ditemui Solopos.com, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga:  Dikenal Sakral, Ternyata Ada Dayang Penunggu di Jembatan Mojo Solo

Dahulu, Suparman menambahkan banyak warga sekitar menggunakan Sendang Gotan sebagai sumber mata air. Air dari sendang tersebut digunakan untuk konsumsi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Tapi saat ini Sendang Gotan penggunaannya sudah dibatasi. Biar menjaga keasliannya dan sekaligus merawat,” tambah dia.

Baca Juga: Daftar Zonasi PPDB 2022 SMP Negeri di Solo, Buruan Dicek ya!

Menurut informasi dari Suparman, bukan hanya dari warga lokal yang memanfaatkan air dari Sendang Gotan Klaten untuk pengobatan.

Tetapi, juga ada pengunjung yang berasal dari daerah Yogyakarta. “Ada informasi seperti itu [air untuk pengobatan]. Tapi namanya juga mitos ya dikembalikan lagi sama pengunjung yang datang ke Sendang Gotan,” ungkap dia.

Baca Juga:  Hik, Wedangan, dan Angkringan, Mana yang Lebih Dulu Ada?

Mengutip situs Budaya-indonesia.org, Sendang Gotan Klaten juga dikeramatkan karena dipercaya memiliki kekuatan magis yang mampu menangkal aura negatif di dalam tubuh seseorang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya