SOLOPOS.COM - Rumah tua di Kota Semarang, Jawa Tengah, yang pernah dijadikan syuting film Suzanna. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Siapa tak kenal dengan Ratu Horor Indonesia, Suzanna, yang banyak memerankan film-film bergenre horor di era 1970-an. Suzanna rupanya juga pernah melakukan syuting untuk salah satu film horornya di Kota Semarang, tepatnya di sebuah rumah berarsitektur kolonial yang terletak di Jalan Teuku Umar, Jatingaleh.

Rumah tua yang digunakan Suzanna untuk syuting film Beranak Dalam Kubur pada 1972 itu saat ini kondisi masih terawat dan ditempat pemiliknya. Jika dilihat sepintas, rumah tersebut memang tampak menyeramkan dan angker.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Arsitektur kolonial bangunan itu masih dipertahankan dengan cat berwarna putih dan kuning yang menghiasi pagar di lantai atas. Sementara, teras rumah yang dijadikan lokasi pengambilan film Beranak Dalam Kubur juga tak berubah.

Tak hanya itu, jendela kayu dan pintu berukuran besar khas arsitektur Eropa juga masih dipertahankan. Bahkan, lantai yang terpasang juga masih sama seperti dalam film yang dibintangi Suzanna dan sempat di rilis ulang dengan diperankan artis Luna Maya itu.

Rumah tua yang pernah dijadikan lokasi syuting Suzanna di Semarang itu merupakan milik seorang purnawirawan TNI berpangkat Kolonel, Nursahit, 86. Saat dijumpai Solopos.com, Kamis (18/8/202), Nursahit membenarkan jika rumahnya pernah digunakan syuting film Beranak Dalam Kubur yang dibintangi Suzanna.

Baca juga: Misteri Rumah Tua di Semarang, Jadi Lokasi Syuting Suzanna Hingga Uji Nyali

“Sekitar tahun 1969 rumah ini digunakan untuk syuting film Beranak Dalam Kubur. Pemerannya adalah Suzanna,” kata Nursahit.

Nursahit mengaku lokasi yang paling sering digunakan untuk syuting film tersebut adalah lantai kedua dan tangga depan rumah. “Kalau di lantai kedua di balkon dan kamar atas, terus di lantai dasar ya di depan rumah, di tangga itu,” jelasnya sembari menunjuk tangga di teras rumahnya.

Rumah Suzanna

Nursahit pun menambahkan jika tidak hanya rumahnya yang digunakan untuk pengambilan gambar film Beranak Dalam Kubur. Pengambilan gambar juga dilakukan di Jalan Kyai Saleh, Semarang.

“Ada gedung yang digunakan juga untuk mengambil gambar, selain itu di wilayah Gajahmungkur juga dijadikan lokasi syuting,” imbuh dia.

Baca juga: Angker! Rumah Spanyol Semarang, Lokasi Syuting Film Horor Suzzanna

Meski pernah menjalani syuting di Kota Semarang, Nursahit menyebut jika Suzanna tidak punya rumah di Kota Semarang. Hal itu dikarenakan saat syuting di Kota Semarang, Suzanna lebih sering menginap di lokasi syuting atau hotel.

“Ya di sini juga menginap, lalu di Jalan Kyai Saleh atau di Gajahmungkur. Saya tahu lantaran di antara pemilik tempat untuk syuting kadang bertemu dan berbincang,” pungkas dia.

Kendati tidak tahu secara pasti apakah Suzanna memiliki rumah di Kota Semarang, ternyata Nursahit pernah mengunjungi rumah asli Suzanna di Kebon Dalem, Potribangsan, Magelang Utara. Kala itu, dirinya menyambangi rumah Suzanna saat bertugas di Magelang sekitar tahun 1970-an.

“Ketika masih aktif bertugas, saya juga kerap memberi kabar kalau melintas atau berkunjung ke rumah Suzanna di Magelang. Setahu saya, rumah Suzanna hanya di Magelang,” imbuh Nursahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya