SOLOPOS.COM - Kepala Badan Kesbangpol Sragen Cosmas Edwi Yunanto menjalani donor plasma konvalesen di PMI Solo, Senin (26/7/2021) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng) mengaku sudah mampu memenuhi kebutuhan plasma darah untuk terapi kesembuhan pasien Covid-19 atau konvalesen.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Masyarakat Unit Donor Darah (UDD) PMI Jateng, Handoko, menyampaikan hal ini kepada Solopos.com, Jumat (13/8/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Handoko mengatakan stok plasma konvalesen di Jateng sejauh ini cukup aman. Melimpahnya stok itu salah satunya disebabkan menurunnya jumlah permintaan seiring dengan turunnya jumlah kasus Covid-19 di Jateng.

“Karena kasusnya turun, jadi permintaan plasma konvalesen juga ikut turun. Berbeda saat kasusnya melonjak, permintaannya banyak sehingga sulit memenuhi,” ujar Handoko kepada Solopos.com, Jumat (13/8/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Karena Punya Komorbid, 1,2 Juta Warga Jateng Belum Divaksin Covid-19

Selain turunnya jumlah permintaan, melimpahnya stok plasma konvalesen juga dipengaruhi adanya beberapa UDD yang sudah mampu mengolah dan menyimpan plasma darah untuk memenuhi permintaan resipien.

Saat ini ada empat UDD di Jateng yang mampu mengolah plasma darah dengan peralatan apheresis. Keempat UDD itu berada di wilayah Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Banyumas,dan Kota Solo.

Selain empat UDD itu, ada tiga UDD lagi yang juga mampu mengolah plasma darah secara konvensional atau menggunakan peralatan centrifuge. Ketiga UDD itu yakni UDD Kabupaten Pati, Purbalingga,dan Cilacap.

“Dengan banyaknya UDD yang bisa mengolah darah ini, membuat kebutuhan pasien jadi lebih terlayani. Setiap daerah juga membantu dalam melakukan skrining ke pendonor. Jadi ada symbiosis mutualisme antarUDD di Jateng,” jelas Handoko.

Baca juga: 6.571 Nakes di Grobogan Dapat Vaksinasi Ketiga Jenis Moderna

Kebutuhan Plasma Konvalesen Jateng

Handoko menambahkan terpenuhinya kebutuhan plasma darah di Jateng juga tidak terlepas dari peran beberapa komunitas atau kelompok masyarakat. Komunitas itu giat melakukan sosialisasi dan mengajak penyintas untuk mendonorkan plasma darahnya.

“Seperti di Kota Semarang itu ada Komunitas Semar. Komunitas ini mengajak para penyintas untuk mendonorkan plasma darahnya agar bisa digunakan pasien Covid-19 yang saat ini tengah membutuhkan,” ujarnya.

Berikut stok plasma konvalesen di Jateng per 10 Agustus 2021

No Golongan Darah  Kota Semarang  Kota Solo  Kabupaten Banyumas
1            A                      1.386                   1.386            752
2           B                       1.178                    1.746            728
3           O                       1.710                    1.975            920
4           AB                       324                       372           177

Sumber: PMI Jateng

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya