top ear
Salah satu penumpang KA jarak jauh melakukan tes cepat Covid-19 di Stasiun Solo Balapan, Senin (30/11/2020). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)
  • SOLOPOS.COM
    Salah satu penumpang KA jarak jauh melakukan tes cepat Covid-19 di Stasiun Solo Balapan, Senin (30/11/2020). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Permintaan Rapid Test Deteksi Covid-19 Stasiun Solo Balapan Naik 3 Kali Lipat

Permintaan rapid test atau tes cepat deteksi Covid-19 di Stasiun Solo Balapan meningkat hingga tiga kali lipat dalam sehari.
Diterbitkan Selasa, 1/12/2020 - 04:00 WIB
oleh Solopos.com/Farida Trisnaningtyas
3 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Permintaan tes cepat atau rapid test deteksi Covid-19 di Stasiun Solo Balapan meningkat seiring kenaikan jumlah penumpang kereta api jarak jauh.

Sebelumnya, rata-rata hanya 50 penumpang yang mengakses layanan ini per hari. Namun, kini jumlah permintaan tes tersebut bisa lebih dari 150 orang/hari atau naik tiga kali lipat.

Angka ini bisa melejit lagi pada akhir pekan khususnya jika ada libur panjang. Pada sisi lain, penumpang KA dengan hasil tes cepat reaktif bisa 5-10 orang per hari.

Total 11 Pedagang Positif Covid-19, Pemkot Solo Akhirnya Tutup Sementara Operasional Pasar Gede

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menyediakan layanan rapid test deteksi Covid-19 seharga Rp85.000 pada berbagai stasiun.

Rapid test ini bagi pelanggan yang akan naik KA jarak jauh. Dalam wilayah Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta layanan ini tersedia pada Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Syarat Utama

“Dulu paling yang rapid test 50 orang sehari, sekarang lebih dari 150 orang per harinya. Kalau weekend ada libur panjang bisa banyak lagi,” ujar Analis Kesehatan Klinik Ramadhan Jogja, Fifin Dwi Mumpuni, kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Foto-Foto Lawas Ungkap Kecamatan Baki Sukoharjo Dulunya Dikelilingi Pabrik Gula dan Tembakau

Klinik Ramadhan Jogja ini menjadi mitra PT RNI dalam menyelenggarakan rapid test bagi penumpang KA pada Stasiun Solo Balapan. Fifin menambahkan rapid test tersebut menjadi syarat utama penumpang KA jarak jauh bisa naik kereta.

Menurutnya, tes rapid ini menggunakan sampel darah dari jari atau darah kapiler. Setelah pengambilan sampel darah, penumpang tinggal menunggu sekitar 20 menit untuk mengetahui hasilnya.

“Kalau hasilnya reaktif, jelas tidak boleh berangkat naik KA. Dalam keterangan hasil, kami sarankan untuk melakukan tes swab atau isolasi mandiri. Selama kami tes di sini banyak juga penumpang dengan hasil reaktif, sehari bisa 5-10 penumpang,” ujarnya.

Tambah 103 Kasus Positif Dalam Sehari, Satgas Covid-19 Kota Solo Waswas

Sementara itu, rapid test untuk pencegahan Covid-19 tersebut hanya untuk penumpang KA jarak jauh dari Stasiun Solo Balapan. Syaratnya adalah memiliki tiket KA atau sudah membeli tiket KA sehingga mempunyai kode booking.

Buka Setiap Hari

Layanan tes cepat Stasiun Solo Balapan tersebut buka setiap hari pada pukul 07.00 WIB-19.00 WIB. Sedangkan saat long weekend layanan buka pada pukul 07.00 WIB-21.00 WIB.

Pantauan Solopos.com melalui aplikasi KAI Access, ketersediaan tiket pada libur Natal dan Tahun Baru kian menipis. Tiket KA relasi Gambir-Solo Balapan untuk keberangkatan 23-24 Desember 2020 yang masih tersedia adalah KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga.

Keras! Sanksi Denda Pelanggaran Protokol Kesehatan Sukoharjo Sampai Rp50 Juta

Juga KA Argo Lawu Fakultatif, KA Argo Dwipangga Luxury, KA Argo Lawu Luxury, KA Gajayana, KA Gajayana Fakultatif, dan KA Gajayana Luxury.

Sedangkan relasi Pasar Senen-Purwosari untuk keberangkatan 24 Desember 2020 ada KA Singasari, sementara tiket KA Bengawan habis terjual. Adapun relasi Pasar Senen-Jebres keberangkatan 24 Desember 2020 yang tersedia adalah KA Majapahit. Sementara tiket KA Matarmaja dan KA Brantas habis.

“Iya, tiket yang dari Jakarta ke Solo sudah banyak yang terjual habis,” jelas Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto.


Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini