SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pascapengumuman kelulusan SMA pekan lalu, angka pendaftaran calon tenaga kerja ke Batam yang tercatat di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Solo meningkat tajam. Rata-rata, pendaftaran mencapai kisaran angka 45 orang hingga 50 orang per hari.

Demikian disampaikan Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja Dinsosnakertrans Kota Solo, Agus Alwanto, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Selasa (4/5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari keterangan yang dihimpun kemarin, mayoritas calon tenaga kerja yang mendaftarkan diri untuk bekerja di Batam adalah mereka yang baru saja menerima pengumuman kelulusan. Tidak hanya dari Solo, melainkan beberapa daerah se-Soloraya.

“Fenomena ini sudah sering terjadi. Di mana, setelah pengumuman kelulusan SMA, angka pendaftaran untuk bekerja di Batam melonjak. Karena di satu sisi, banyak perusahaan di Batam yang menawarkan lowongan kerja untuk para <I>fresh graduated<I>,” tambahnya. Pada hari-hari biasa, angka pendafataran kerja ke luar kota tidak setinggi pascakelulusan SMA. “Ada, tapi ke luar Batam.”

Besok Rabu (5/5), lanjut Agus, juga ada sekitar 29 tenaga kerja yang siap diberangkatkan ke Batam. “Dan untuk para pendaftar baru ini, nanti akan tetap mengikuti seleksi untuk bisa bekerja di Batam. Untuk angka kerja antar daerah, tujuan utama para pencari kerja masih ke Batam.”


haw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya