SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3 kg alias gas melon. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Solo merupakan daerah kedua di Soloraya yang mendapat alokasi tambahan setelah Sragen.

Solopos.com, SOLO – Pasokan elpiji 3 kilogram (kg) Kota Solo ditambah 47.040 tabung seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat. Pasokan tambahan tersebut disalurkan pada Sabtu-Sabtu (5-12/8/2017).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Manager Area Communication and Relations Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT), Andar Titi Lestari, menyampaikan pasokan normal Kota Solo setiap bulannya adalah 715.000 tabung atau 27.500 tabung per harinya. Penambahan tersebut dilakukan berdasarkan surat permintaan dari Pemkot Solo yang dikirim pada Kamis (3/8/2017).

Dalam suratnya, Dinas Perdagangan Solo menyebutkan tingginya permintaan terjadi karena tradisi bulan hajatan. Apabila tidak diantisipasi akan berdampak pada kelangkaan dan kenaikan harga elpiji yang tinggi. Oleh karena itu, penambahan diperlukan untuk menjaga pemenuhan kebutuhan elpiji dan harga yang wajar.

“Penetapan penambahan alokasi elpiji dilakukan berdasarkan hasil pantauan kebutuhan di lapangan,” ungkap Andar saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (5/8/2017).

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya, Budi Prasetyo, menyampaikan penambahan dilakukan karena adanya kenaikan kebutuhan masyarakat dan ada permintaan dari pemerintah daerah (pemda) setempat.

Menurut dia, Solo merupakan daerah kedua di Soloraya yang mendapat alokasi tambahan setelah Sragen. Penambahan dilakukan setelah tim Dinas Perdagangan Solo dan Hiswana Migas Soloraya terjun ke lapangan untuk melakukan pantauan.

“Kemungkinan Selasa [8/8] pasokan elpiji di Solo sudah mulai normal karena penambahan alokasi sudah dilakukan sejak Sabtu [5/8],” ungkap Budi secara terpisah.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Selasa akan rapat dengan Pemda Wonogiri untuk membahas pasokan gas melon. Menurut dia, konsumsi elpiji di Kota Gaplek juga meningkat sehingga alokasi harian yang dikirim cepat habis dan mengarah pada kelangkaan.

“Selasa nanti dirapatkan dulu dengan Pemda Wonogiri untuk membahas pasokan karena kalau untuk minta tambah [pasokan elpiji] harus ada surat permintaan dari pemda setempat. Sejauh ini baru Wonogiri yang mulai ada indikasi kekurangan pasokan elpiji 3 kg, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, dan Boyolali masih aman,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya