Permintaan Kedelai Impor di Kudus Rendah Meski Harga Turun

Permintaan kedelai oleh para pengrajin tahu dan tempe di Kudus turun meski harga turun, pengusaha setempat belum meningkatkan kapasitas produksinya.
SHARE
Permintaan Kedelai Impor di Kudus Rendah Meski Harga Turun
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kedelai. (Antara)

Solopos.com, KUDUS – Permintaan kedelai oleh para pengusaha tahu dan tempe di Kudus turun meski harga turun. Pengusaha setempat belum meningkatkan kapasitas produksinya.

Mengutip Antara, Senin (5/7/2021), Manajer Primer Koperasi Tahu-Tempe Indonesia (Primkopti) Kabupaten Kudus, Amar Ma’ruf, mengatakan harga jual kedelai turun sudah sejak sepekan terakhir secara bertahap.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Beruntung saat ini harganya turun hingga Rp900-an menjadi Rp9.850. Bahkan beberapa hari sebelumnya sempat turun menjadi Rp9.650 per kilogram, sebelum akhirnya naik menjadi Rp9.850/kg,” ujarnya.

Baca Juga : Desa Jepang Kudus Tak Bagikan BLT Jika Warga Enggan Vaksin

Ia menduga belum stabilnya permintaan kedelai impor karena kondisi pasar belum stabil dan daya beli konsumen juga rendah, mengingat sejak ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat banyak pelaku usaha kuliner yang belum bisa berjualan secara normal.

Dinas Pasar Kabupaten Kudus menutup pasar tiban berskala besar ada enam lokasi, sedangkan skala kecil ada 13 tempat. Sementara jumlah pedagang di masing-masing pasar tiban cukup banyak sehingga permintaan tahu dan tempe juga menurun.

Sedangkan untuk stok kedelai impor di gudang mulai meningkat menjadi 45 ton, setelah sebelumnya hanya menyediakan stok kedelai 30 ton saat permintaan menurun dan harganya juga melonjak tinggi.

Baca Juga : Dishub Kudus Beri Tilang Dump Truck di Jalur Kota

Sementara jumlah pengusaha tahu dan tempe di Kabupaten Kudus diperkirakan mencapai 300-an orang  tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Kota, Jekulo, Kaliwungu, Dawe, Bae, Gebog, Undaan, Mejobo dan Jati.



Kata Kunci : Kudus Kabupaten Kudus Covid
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago