SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) siap membantu ahli waris dalam pembiayaan pemindahan makam dari Margo Mulyo, Banyuanyar, Banjarsari ke lokasi baru. Namun besaran bantuan dari Pemkot tidak sesuai dengan permintaan ahli waris senilai Rp3 juta per makam.

“Kalau pemakaman itu bukan ganti rugi. Yang jelas kita upayakan untuk pembiayaan pemindahan makam itu sendiri. Ya seperti yang ada di Pasar Depok, itu dulu biaya pemindahan satu badan atau per makam sekitar Rp750.000,” papar Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, kepada wartawan disela-sela melepas peserta touring tertib berlalu lintas di Lapangan Parkir Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/5/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Walikota Solo yang akrab disapa Rudi ini menampik anggapan ahli waris yang menyatakan tidak ada sosialisasi pembongkaran makam tersebut. “Pembangunan selter di area permakaman sudah ada sosialisasi. Itu (pembangunan) melanjutkan rencana yang dulu. Mungkin saja komunikasi belum dibangun maksimal. Hla wong tanah itu Hak Pakai (HP) Pemkot Solo. Jadi sudah wajar apabila kita memakai untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat,” jelas Rudi.

Selain berjanji membiayai pemindahan makam, Rudy akan berembuk dengan ahli waris mengenai lokasi makam yang aktif atau masih berfungsi. “Syaratnya pemindahan makam harus mencari lokasi yang masih aktif. Kita akan bantu proses pemindahan mulai menggali, mengangkat dan menguburkan lagi di lokasi baru. Bisa di TPU Bonoloyo, TPU Untara atau Pracimantoro. Nanti prosesnya tergantung dari ahli waris. Tapi sekali lagi ini bukan ganti rugi. Ini kepedulian Pemkot terhadap warga, tapi besarannya tidak segitu (Rp3 juta)” papar dia.

Seperti diketahui, ahli waris meminta Pemkot memberi ongkos pemindahan makam di Margo Mulyo ke permakaman lain senilai Rp3 juta. Permintaan ahli lantaran tak memiliki biaya pemindahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya