SOLOPOS.COM - Pemain timnas Indonesia U-19 Muhammad Fajar Fathur Rachman (tengah) bersama rekan-rekannya melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste U-19 pada laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019). (Antara - Hafidz Mubarak A)

Solopos.com, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan kedua dalam laga Hong Kong dalam laga matchday kedua Grup K di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam. Indonesia unggul telak 4-0 dalam laga itu dan memastikan posisi di puncak klasemen sementara Grup K dengan meraup 6 poin sempurna.

Gol dicetak oleh Bagus Kahfi pada menit 23 dan penalti menjelang pertandingan bubar, lalu Fajar Fathur Rahman pada menit 29, dan David Maulana pada menit 60.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Babak I

Indonesia mengambil inisitif menyerang di awal babak pertama. Hal ini dibuktikan dengan tiga sepak pojok untuk Indonesia dalam 13 menit pertama. Kedua sayap Indonesia sangat hidup dengan Supriyadi di sisi kiri dan Fajar Fathur Rahman di kanan. Sedangkan Beckham dan David Maulana sangat agresif di tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

Peluang bersih diperoleh Indonesia di menit 14. Supriyadi lepas dari pengawalan dan hanya tinggal berhadapan dengan kiper Hong Kong. Namun tembakan Supriyadi berhasil diblok kiper. Bola lambung jatuh ke kaki Beckham Putra namun tendangannya masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Pada menit 22, peluang kembali tercipta bagi Indonesia. Penguasaan bola di lini tengah di akhiri dengan tembakan Muhammad Salman Alfarid di sisi kanan pertahanan Hong Kong, namun masih bisa diblok pemain lawan. Beberapa detik kemudian, shooting keras Brilian dari tengah masih belum menemui sasaran.

Gol akhirnya datang bagi Indonesia. Berawal dari tengah, David Maulana melepaskan umpan akurat ke depan dan jatuh di kaki Bagus Kahfi. Hanya dengan satu sentuhan, Bagus melepaskan sontekan melambung yang mengecoh kiper Hong Kong. Bola meluncur mulus ke gawang Hong Kong dan Indonesia unggul 1-0.

Indonesia nyaris menggandakan kedudukan dua menit kemudian saat David Maulana kembali melepaskan umpan ke dapan yang kali ini jatuh di kaki Supriyadi. Sayang, penyerang sayap kiri itu belum bisa mengonversi menjadi gol.

Menit 29, Supriyadi menebus kegagalannya. Dengan kecepatannya, dia menusuk ke sisi kanan gawang Hong Kong dan melepaskan umpan silang akurat ke depan gawang. Fajar Fathur Rahman datang dan melepaskan tembakan keras ke gawang Hong Kong. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Aksi Supriyadi kembali menciptakan peluang gol di menit 33. Menusuk di sayap kiri, Supriyadi melepaskan umpan silang pendek ke Bagus Kahfi. Sayang tembakan Bagus terbaca dan diblok pemain bertahan Hong Kong.

Indonesia benar-benar terlihat superior di babak pertama. Hampir setiap pola serangan Hong Kong terbaca oleh para pemain Indonesia dan mudah dipatahkan.

Kesalahan kecil sempat dibuat oleh Salman Alfarid di sisi kiri pertahanan Indonesia. Dia membuat pelanggaran di titik yang cukup dalam di garis pertahanan Indonesia. Beruntung tendangan bebas Hong Kong tak berbuah peluang terciptanya gol.

Babak II

Para pemain Hong Kong semakin tertekan di babak kedua. David Maulana dkk tak mengendurkan serangan meski sudah unggul 2-0 di babak pertama.

Menit 54, Bagus Kahfi kembali mendapatkan peluang menambah gol. Berawal dari sepak pojok, terjadi kemelut di depan gawang Hong Kong. Bola yang melayang tepat di mulut gawang langsung disundul oleh Bagus dan

Menit 56, Indonesia nyaris menambah keunggulan. Berawal dari pergerakan Fathur Rahman masuk ke kotak penalti, Beckham Putra melepaskan umpan terobosan dan disambar oleh Fathur. Sayangnya, umpan Beckham sedikit terlambat dan gol dianulir wasit karena posisi Fathur sudah off side.

Gol! Indonesia benar-benar kembali menambah gol melalui tendangan bebas pada menit 60. Diwarnai gerak tipu Fathur, eksekusi tendangan bebas dilakukan oleh David Maulana dengan kaki kiri. Bola bergerak mendatar dan meluncur ke gawang Hong Kong. Skor 3-0.

Hong Kong baru bisa melakukan tekanan di atas menit 70. Mereka sesekali bisa melakukan tekanan ke pertahanan Indonesia namun tak berbuah gol. Sementara itu, Indonesia masih menggempur pertahanan Hong Kong meski belum bisa menambah keunggulan.

Hong Kong sempat melepas tembakan on target ke gawang Indonesia pada menit 83. Beruntung kiper Ernando bisa menangkap bola dengan baik.

Saat injury time, Indonesia mendapatkan hadiah penalti. Bagus Kahfi yang menjadi ekskutor memastikan skor 4-0 untuk kemenangan Tim Garuda Muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya