Perlukah Mencuci Kurma Sebelum Dimakan? Ini Penjelasannya
Solopos.com|lifestyle

Perlukah Mencuci Kurma Sebelum Dimakan? Ini Penjelasannya

Pada umumnya kita tidak pernah mencuci kurma sebelum menyantapnya.

Solopos.com, JAKARTA--Perlukah mencuci kurma apalagi mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Namun rasanya jarang sekali ada orang yang terlihat mencuci bersih kurma sebelum memakannya, bukan? Namun, seperti buah lainnya, dan terlepas dari kabar hoaks di atas tadi, kurma juga ternyata perlu melewati tahap pencucian.

Buah kurma merupakan makanan yang populer untuk dimakan selama bulan Ramadan, selain merupakan sunnah rasul untuk mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka. Buah kurma juga dikenal akan kandungannya yang sehat bagi tubuh.

Buah ini termasuk ke dalam makanan hasil impor yang mudah diperoleh di Indonesia. Buah ini dijual dengan berbagai macam cara, ada yang dijual dengan kemasan tertutup dan ada juga yang dijual eceran.

Baca Juga: Sule Buka Suara Soal Isu Perselingkuhan Dan Nasib Rumah Tangganya

Dikutip dari Kashmir Reader, dokter menyarankan untuk mencuci buah kurma sebelum mengonsumsinya untuk menghindari risiko tertular virus corona.

Beberapa orang mungkin takut bahwa makanan yang dijual terbuka dan terpapar udara akan dapat terpapar virus corona, sehingga muncul pertanyaan perlukah mencuci kurma terlebih dahulu? Hal ini juga disampaikan oleh Profesor dan Kepala Departemen Pengobatan Komunitas di Government Medical College Srinagar, Saleem Ahmad Khan.

Ketakutan tersebut dapat diatasi dengan membeli buah ini dalam kemasan tertutup dan mencucinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Saleem Ahmad Khan mengatakan bahwa kurma yang dikemas, bukan kurma yang tidak tertutup yang dijual di jalanan. Ia juga menyarankan kurma dari kemasan tertutup harus dimasukkan ke dalam wadah kedap udara yang bersih.

"Orang harus selalu membeli kurma yang dikemas dan juga harus memeriksa tanggal kemasannya. Orang perlu membersihkan kemasan luar, melepas kemasan, dan mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air," kata Khan seperti mengutip laman detikcom, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Mengapa Ada Wanita Bersuara Berat Seperti Pria? Ini Penyebabnya

Senada dengan itu, Petugas Kesehatan di Srinagar Municipal Corporation, dr Javeed Ahmad, mengatakan bahwa wajib mencuci buah dan sayuran yang dibeli dari pasar.

"Orang harus menggunakan wadah saat membeli buah-buahan, sayuran, dan barang dagangan lainnya dari pasar," kata Javeed.

Perlu diketahui bahwa semua jenis buah yang biasanya disantap saat buka puasa ini baik yang kering maupun yang fresh, kemudian dikemas atau tidak, semuanya belum dicuci sebelum sampai ke tangan konsumen. Karenanya disarankan untuk mencuci kurma dengan tepat.

Namun, saat mencuci kurma, jangan sampai  terkelupas. Selain itu, mencuci kurma sebaiknya saat ingin dikonsumsi saja. Hindari untuk mencuci semua kurma kemudian menyimpannya di dalam kulkas dan dibiarkan menumpuk.

Lantas bagaimana cara mencuci kurma?

Seorang pengguna TikTok dengan akun @azween_muzani membagikan tips mencuci kurma dalam sebuah video singkat. Pertama siapkan wadah berupa baskom dan saringan.

Kemudian, masukkan kurma ke dalam baskom. Masukkan garam dan tambahkan air. Tunggu selama beberapa menit, lalu pindahkan kurma ke wadah lain menggunakan saringan.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago