SOLOPOS.COM - Sebelum investasi perlu mengetahui keuntungan dan kerugian membeli perhiasan emas. (Ilustrasi/Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang menguntungkan. Lantas apa keuntungandan kerugian investai emas perhiasan?

Melansir dari laman resmi Sahabat Pegadaian, Senin (27/9/2022), setidaknya ada tiga alasan mengapa emas dipilih sebagai simpanan atau instrumen investasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pertama, emas mudah diperoleh dan mudah diuangkan. Emas bisa diperoleh di toko emas ataupun lembaga keuangan terdekat. Selain itu, lokasi penjualannya juga mudah ditemukan.

Alasan kedua, emas menjadi favorit untuk investasi karena harganya yang cenderung naik. Ketiga, emas bisa digunakan sebagai jaminan. Alih-alih menjualnya, Anda bisa memilih untuk memanfaatkan emas sebagai jaminan dalam mengajukan pinjaman. Uang bisa diperoleh, emas pun tetap ada di tangan setelah ditebus kembali.

Namun mungkin ada yang masih bingung, untuk investasi sebaiknya membeli emas batangan atau emas perhiasan ya?  Ada yang sebagian orang yang mungkin cenderung memilih emas batangan untuk investasi. Namun bagi yang ingin tetap mau berinvestasi dengan membeli perhiasan emas, ada baiknya memahami kelebihan dan kekurangannya.

Berikut kelebihan berinvestasi atau membeli perhiasan emas, seperti dilansir dari bareksa.com:

Baca Juga: Masa Penawaran ORI022 Dibuka Mulai Rp1 Juta, Bunga 5,95 Persen

Kelebihan Emas Perhiasan

-Sekaligus dipakai untuk mempercantik penampilan.

Selain sebagai barang simpanan, emas perhiasan dapat pula digunakan untuk mempercantik penampilan. Emas perhiasan bisa dipakai untuk keseharian maupun acara-acara resmi hingga menghadiri undangan pesta.  Tak heran, investasi emas perhiasan lebih disukai kaum perempuan.

-Tersedia beragam pilihan di pasaran.

Perhiasan bisa ditemukan di pasaran dalam berbagai bentuk, mulai dari cincin, kalung, hingga anting-anting.  Perhiasan emas juga mudah dicari dan dibeli karena banyak ditawarkan toko-toko emas.

Baca Juga: Pergerakan IHSG Diprediksi Melemah, Cermati Saham-Saham Ini

Kekurangan Emas Perhiasan

Di sisi lain ada kekurangan investasi emas dalam bentuk perhiasan, antara lain:

-Nilai jual yang rendah.

Perhiasan cenderung memiliki nilai jual yang lebih rendah. Sebaiknya investor juga mempertimbangkan nilai perhiasan dipengaruhi oleh biaya pembuatannya yang tak murah.

-Butuh perawatan khusus.

Perhiasan juga perlu perawatan yang cermat. Kalau tidak, perhiasan bisa rusak atau terlihat kusam dan hal ini pun berdampak langsung pada nilai jual perhiasan.

Itulah ulasan untung rugi investasi perhiasan emas yang bisa Anda pertimbangan. Hampir semua instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Keputuasan tergantung kepada individu untuk memilih investasi mana yang cocok sesuai selera dan kemampuan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya