Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Perlu Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik

Pemerintah mewacanakan konversi kompor gas ke kompor listrik. Lantas apa kelebihan dan kekurangan kompor listrik?
SHARE
Perlu Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik
SOLOPOS.COM - Kompor listrik disebut memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan kompor gas. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah mewacanakan konversi kompor gas ke kompor listrik. Demi melancarkan program ini, pemerintah menyiapkan kurang lebih 300.000 unit  kompor listrik yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Mungkin masyarakat ada yang penasaran apa kelebihan dan kekurangan kompor listrik? Rencana konversi kompor gas ke kompor listrik mendapat tanggapan beragam dari masyarakat, ada yang mendukung namun ada juga yang menolaknya. Mereka yang menolak kebanyakan khawatir tunggakan listriknya akan membengkak jika memakai kompor listrik.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Sementara itu PT PLN (Persero) terus fokus dalam pendampingan dan evaluasi bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk program uji coba yang telah dilaksanakan kepada 1.000 KPM di Solo dan 1.000 KPM di Denpasar.

“Arahan pemerintah sangat jelas dan PLN menindaklanjuti dengan berbagai perbaikan pada program uji coba di dua kota tersebut. Kami terus memberikan pendampingan kepada masyarakat penerima manfaat, sampai benar-benar dapat mengoperasikan penggunaannya secara mandiri dan beralih sepenuhnya ke kompor listrik,” jelas Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam rilis yang diterima Solopos.com, belum lama ini.

Masyarakat penerima program peralihan kompor listrik adalah pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. PLN mengatakan tidak ada perubahan daya listrik pelanggan. PLN menyediakan jalur kabel listrik khusus untuk memasak dengan daya yang cukup untuk kompor listrik.

Jalur kabel ini terpisah dari intalasi listrik yang sudah ada dan tarif yang dikenakan juga tidak mengalami perubahan.

Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PLN Siap Salurkan 40 MVA ke Kawasan Industri Kendal

Lantas apa kekurangan dan kelebihan kompor listrik? Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, berikut kelebihan dan kekurangan kompor listrik dibandingkan dengan kompor gas:

Kelebihan Kompor Listrik

1. Kompor listrik disebut lebih aman terlebih dalam ruangan tertutup daripada kompor gas. Hal ini disebabkan kompor gas berisiko mengalami kobocoran yang menyebabkan kebakaran dan ledakan.

2. Kompor listrik disebut menghasilkan panas lebih merata.

3. Kompor listrik memiliki fitur lebih lengkap untuk memudahkan pengaturan saat memasak, seperti timer atau pengatur waktu, pengamanan kompor mati, hingga boosting.

Baca Juga: Bos PLN Sampaikan Evaluasi Program Kompor Listrik di Solo dan Denpasar

Kekurangan Kompor Listrik

1. Harga kompor listrik cenderung lebih mahal serta membutuhkan banyak energi listrik.

2. Tak bisa digunakan untuk semua jenis alat masak karena membutuhkan peralatan khusus yang digunakan agar sesuai seperti peralatan yang terbuat dari besi, baja, dan stainless steel.

3. Bila terdapat pemadaman listrik, kompor tersebut tak bisa digunakan untuk memasak.

4. Kompor listrik pada saat digunakan dengan daya yang tinggi akan menghasilkan suara dengunan karena komponen yang terdapat di kompor listrik bekerja lebih keras.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode