SOLOPOS.COM - Daihatsu berbagi tips merawat kendaraan saat PPKM. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah di Indonesia kembali diperpanjang dengan sejumlah penyesuaian.

Sebagian dari kita, banyak yang kembali melakukan rutinitas pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH), yang juga membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa kita pakai mungkin tidak akan sering digunakan, atau bahkan terparkir lama di garasi rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada saat yang sama, mobil kita juga tetap membutuhkan perawatan dan perhatian agar tetap dalam kondisi optimal, ketika akan digunakan beraktivitas kembali.

Baca Juga: Berakhir Hari Ini, Kamu Bisa Dapat Daihatsu Rocky Seharga Rp90.000 Aja!

Demi menjaga mobil tetap dalam kondisi prima selama tidak digunakan, berikut 5 kiat ala Daihatsu:

1. Panaskan Mesin Mobil

Memanaskan mesin mobil secara teratur paling tidak sesekali dalam sepekan untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki mobil. Sebab, mobil yang tidakdipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

2. Jaga Tekanan Angin Ban

Menjaga tekanan angin ban dengan menambah sekitar 5% dari tekanan angin normalnya. Anda juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju–mundur ketika sedang memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu merata, dan mencegah kerusakan flat spot pada ban.

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Meroket 83%, Tiga Mobil Ini Paling Laris di Pasaran

3. Aktifkan Rem Parkir

Aktifkan Rem parkir dan Transmisi di posisi P (Parking) khusus pada mobil Matic sekalipun kendaraan berada di bidang jalan yang rata. Hal ini diperlukan demi keamanan, dan mencegah mobil bergerak ketika sedang diparkir, khususnya dalam waktu yang lama.

4. Jaga Kebersihan Mobil

Jaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eskterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang akan berkembang dan menempel khususnya di dalam mobil.

Baca Juga: Beragam Fitur Daihatsu Terios Ini Bikin Berkendara Makin Asyik

5. Parkir di Tempat yang Tepat

Parkir kendaraan di tempat yang tepat seperti garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Namun, bagiSahabat yang memiliki keterbatasan lahan, pastikan mobil diparkir di area yang tidak terkena matahari secara langsung atau di bawah pohon karena dapat membuat cat mobil mudah pudar dan kusam. Pastikan lokasi parkir juga aman dan mudah dipantau, bila perlu tambahkan juga kunci ganda pada kendaraan.

“Semoga tips ini dapat membantu Sahabat dalam menjaga dan merawat mobil Daihatsu kesayangannya selama masa perpanjangan PPKM agar tetapdalamkondisi yang baik ketika akan digunakan kembali,” ujar People Development Department Head – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ben Faqih dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (17/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya