SOLOPOS.COM - Ada beberapa untuk mengetahui SPBU curang atau tidak. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Sebagai konsumen terutama pemilik kendaraan, mungkin ingin tahu cara mengetahui SPBU curang atau tidak ketika kita membeli BBM di tempat itu.

Cerita tentang Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berlaku curang mungkin sering kita dengar. PT Pertamina biasanya akan langsung bertindak tegas bila mengetahui adanya SPBU berlaku curang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) beberapa waktu lalu dengan menindak tegas oknum operator curang di SPBU 34.152.09 yang sempat viral di media sosial, karena tidak mengisi bahan bakar minyak sesuai dengan yang dibeli pelanggan.

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan bahwa pemberian sanksi pemberhentian dilakukan setelah oknum operator yang bersangkutan terbukti melakukan kecurangan saat melakukan pengisian bahan bakar kepada salah satu pelanggan SPBU pada Jumat sore (17/12/2021).

“Pertamina terus berkomitmen untuk memastikan pelayanan dan seluruh operasional SPBU berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Bisa Beli Pertalite dan Solar, Begini Langkah Mendaftar di MyPertamina

Lebih lanjut, Irto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan Pertamina yang telah menegur dan menyampaikan laporan pada saat kejadian.

Pertamina, kata dia, akan terus mengevaluasi dan menerima seluruh laporan yang diberikan oleh masyarakat. Sebagai konsumen kita bisa melakukan antisipasi tindak kecurangan yang mungkin dilakukan sebuah SPBU.

Lantas dengan cara apa kita bisa mengetahui SPBU bertindak curang?

Berikut cara mengetahui SPBU bertindak curang seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (28/6/2022):

Baca Juga: Wah! Bus Perintis Solo-Batu Jamus Tarifnya Lebih Mahal Dari Solo-Jogja

1. Cek meteran awal

Cara pertama untuk mengantisipasi atau mengetahui SPBU curang adalah denan memeriksa angka meteran di SPBU saat petugas mengisi BBM. Pastikan Anda tetep memeriksa angka meteran di mesin pengisian SPBU tersebut berawal dari angka O.

2. Cek meteran akhir

Selanjutnya jika selesai mengisi BBM, pastikan Anda juga mengecek poisisi angka terakhir di mesin pengisian BBM tersebut sesuai dengan jumlah yang Anda beli.

3. Waspadai pengisian manual

Kebanyakan nozzle (ujung selang tempat keluarnya bensin) saat ini sudah otomatis sehingga bensin akan berhenti sesuai takaran. Namun tidak jika petugas-petugas masih pakai nozzle manual karena bisa saja tangan memberhentikan pengisian bensin sebelum waktunya.

Baca Juga: 1 Juli 2022, Beli Pertalite dan Solar Harus Terdaftar di MyPertamina

4. Minta struk

Cara mengantisipasi atau mengetahui SPBU curang selanjutnya adalah dengan meminta struk atau bukti pembayaran. Semua keterangan jumlah pengisian bensin, harga asli, uang yang dibayarkan, termasuk kembalian yang harus dikeluarin SPBU bakal tertera di situ.

5. Ikuti sopir angkutan umum

Cara mengetahui atau mendeteksi SPBU itu tidak curang juga bisa memanfaatkan street knowledge para sopir angkutan umum. Berkat pengalamannya, biasanya mereka lebih paham SPBU mana yang baik dan SPBU curang.

SPBU yang ramai dikunjungi angkutan umum, biasanya SPBU tersebut tidak curang. Walaupun belum tentu SPBU yang sepi atau tidak ramai pasti curang ya.

Itulah sejumlah cara sederhana untuk mengetahui sebuah SPBU kemungkinan berlaku curang atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya