SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo. (Candra Mantovani/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mendorong dibuatnya peraturan daerah (perda) tentang pertanian organik di Karanganyar. Perda ini sangat penting untuk melandasi dukungan pemerintah terkait pangan yang sehat.

Bagus mengatakan selama ini Karanganyar sudah memiliki perda tentang pertanian, namun  belum mengatur secara spesifik tentang pertanian organik. Menurutnya, pertanian organik ini penting dan potensial dikembangkan di kabupaten dengan sebutan Bumi Intanpari tersebut. Sehingga dukungan pemerintah sangat dibutuhkan, salah satunya melalui regulasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan adanya perda, petani akan lebih leluasa dan lebih mudah dalam melakukan pengembangan-pengembangan pertanian organik. “Kita sudah sudah ada perda pertanian, tapi yang khusus pertanian organik belum ada. Kalau bisa ada perda tentang pertanian organik yang akan memberikan perhatian lebih. Perda ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pertanian organik ini,” ujarnya seusai audiensi dengan petani organik Karanganyar di Gedung Dewan, Rabu (6/12/202).

Perda pertanian organik ini nantinya  mengatur banyak hal. Di antaranya tentang kebijakan penganggaran dari APBD untuk sertifikasi lahan pertanian organik. “Sertifikasi pertanian organik ini mahal, makanya pemerintah harus hadir memberikan dukungan anggaran kepada mereka,” imbuhnya.

Baca Juga: Pertanian Organik di Karanganyar Tak Berkembang, Butuh Dukungan Pemerintah

Di sisi lain, ia menilai Karanganyar sudah memiliki sumber daya manusia [SDM] yang berkompeten dan memiliki semangat untuk pengembangan pertanian organik tersebut.

Lebih jauh, Bagus menilai pertanian organik harus terus dikembangkan sebagai solusi atas berbagai persoalan yang mengiringi pertanian konvensional. Di antaranya pengetatan subsidi pupuk dan dampak terhadap lahan atas penggunaan bahan-bahan kimia untuk pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya