SOLOPOS.COM - Ilustrasi kiamat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kejadian dan segala bencana yang berdatangan di Tanah Air belakangan hari ini membuat sebagian orang berpikiran tentang tanda-tanda kiamat atau hari akhir. Dalam Islam, ada dua macam kiamat, yakni kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubra atau kiamat besar.

Dikutip dari Suara, Jumat (17/12/2021), kiamat kubra menjadi akhir dari kehidupan di dunia ini. Bagi umat Islam, datangnya hari kiamat wajib dipercaya karena menjadi rukun iman keenam.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kiamat juga mejadi pengingat kepada umat manusia agar senantiasa mengerjakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Tanda-tanda kiamat kubra sudah disebutkan dalam beberapa hadis. Namun hanya ada beberapa hadis sahih yang menjadi rujukan para ulama seperti yang dihimpun dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), Nu.or.id , berikut:

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Beliau bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-daabbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat, dan gerhana di Jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” [Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jaami’us Sahih, (Beirut, Daarul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun), juz VIII, halaman 178].

Baca Juga: Tanda-Tanda Kiamat Sugra atau Kiamat Kecil, Nomor 10 Sudah Terjadi!

Hadis sahih tersebut merupakan salah satu riwayat Imam Muslim. Dari hadis itulah dapat diketahui tanda-tanda kiamat kubra atau kiamat besar yang disebutkan Nabi Muhammad SAW, antara lain:

1. Munculnya Dukhan atau Kabut

Dukhan adalah kabut tebal berwarna hitam yang turun dari langit memenuhi bumi selama 40 hari 40 malam. Kemunculan dukhan membuat orang-orang beriman meninggal setelah mengalami gejala seperti flu dan asma.

2. Munculnya Dajjal

Sosok makhluk dengan satu mata dan sebelah kananya buta ini menjadi pertanda berakhirnya kehidupan. Dajjal akan membawa fitnah besar yang membuat hilangnya keimanan seseorang hingga dijadikan pengikutnya.

3. Munculnya Dabbah

Tanda kiamat berikutnya adalah munculnya binatang Daabah. Binatang ini memilik warna yang mengkilat dan berkulit halus. Daabah yang muncul akan meracuni hingga membunuh semua manusia di hari akhir.

Baca Juga: Doa Agar Terhindar dari Niat Jahat Orang Menurut Islam

4. Terbitnya Matahari Dari Barat

Terbitnya matahari dari barat disebutkan di hadis sahih berikut:

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga Matahari terbit dari sebelah barat. Maka, apabila Matahari terbit dari sebelah barat, lalu manusia pun akan beriman seluruhnya. Akan tetapi, kelakuan yang demikian itu di saat tidak berguna lagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelum beriman setelah kejadian tersebut atau memang berbuat kebaikan dengan keimanan yang sudah dimilikinya itu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj muncul di hari kiamat dan akan berperang melawan pasukan Nabi Isa di Bukit Tursina.

6. Munculnya Nabi Isa AS

Persitiwa datanganya Nabi Isa AS tertulis di surat Al-Imron ayat 55 yang artinya:

(Ingatlah), ketika Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Aku (Allah) lah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya.

Baca Juga: Tata Cara Sujud Syukur, Lengkap Dengan Doa dan Artinya

7. Tenggelamnya Bumi

Tanda-tanda kiamat selanjutnya yaitu peneggelaman daratan bumi di bagian timur, barat, dan di Jazirah Arab.

8. Adanya Api

Api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul sebelum ditiupnya sangkakala yang pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya