Perkiraan Pelaku Perjalanan saat Libur Nataru, Terbanyak ke Jateng

Jumlah pelaku perjalanan ke luar daerahnya saat libur Nataru akhir tahun nanti diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan.
Perkiraan Pelaku Perjalanan saat Libur Nataru, Terbanyak ke Jateng
SOLOPOS.COM - Infografis Libur Nataru (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SEMARANG – Ancaman datangnya gelombang ketiga Covid-19 terus membayangi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, dalam waktu dekat masyarakat di Indonesia akan menghadapi momen libur akhir tahun yang bertepatan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Selama masa libur Nataru itu diperkirakan akan terjadi lonjakan mobilisasi atau pergerakan manusia yang melakukan perjalanan ke luar kota baik untuk berlibur maupun pulang kampung. Kondisi ini pun membuat potensi penularan Covid-19 bisa Kembali memuncak.

Data Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan pada libur akhir tahun atau Nataru nanti akan ada sekitar 34,6 juta orang, atau sekitar 13% dari jumlah penduduk di Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar kota, untuk berlibur maupun pulang ke kampung halaman.

Dari jumlah sebanyak itu, paling akan melakukan perjalanan atau memiliki daerah tujuan ke Jawa Tengah (Jateng), yakni sekitar 24,15%. Sedangkan daerah asal para pemudik itu, masih didominasi dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai 34,87%.

Infografis Libur Nataru (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis Libur Nataru (Solopos/Whisnupaksa)

Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago