SOLOPOS.COM - Tangkapan layar foto empat lurah yang dilantik Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (3/6/2022). Dari kiri berturut-turut Lurah Joglo Aliek Budiarta, Lurah Kadipiro Arif Budiman, Lurah Laweyan Agus Wahyu Purnomo Anwar, dan Lurah Sudiroprajan Asthywiana Swastiyani Leo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Empat lurah baru dilantik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersamaan dengan 70 pejabat eselon II, III, dan IV lainnya di Balai Kota Solo, Jumat (3/6/2022) lalu. Lurah yang dilantik yakni Aliek Budiarta sebagai Lurah Kelurahan Joglo, Banjarsari.

Kemudiam Arif Budiman sebagai Lurah Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Agus Wahyu Purnomo Anwar sebagai Lurah Kelurahan/Kecamatan Laweyan, dan Asthywiana Swastiyani Leo sebagai Lurah Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Total 74 pejabat yang diambil sumpah jabatannya meliputi eselon II dua orang, eselon III 17 orang, dan eselon VI 55 orang. Mereka bertugas di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, organisasi perangkat daerah, kecamatan, dan kelurahan.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan ASN yang dilantik telah melalui proses berdasarkan sistem yang menitikberatkan kepada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. ASN yang bertugas di wilayah termasuk empat lurah baru merupakan ASN terbaik di Kota Solo.

“Ada beberapa lurah ataupun jajaran di bawahnya yang muda. Punya potensi yang saya anggap mumpuni untuk memberikan warna dan juga kinerja yang cepat dan tanggap yang dibutuhkan warga Kota Solo,” paparnya.

Baca Juga: Sebelum Berangkat Ke Paris, Gibran Lantik 74 Pejabat Pemkot Solo

Pada kesempatan yang sama, Gibran juga melantik beberapa pejabat eselon II. Ada Gatot Sutanto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo dilantik sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Solo.

Jabatan Kosong

Selain itu Gibran juga melantik Kentis Ratnawati yang sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) menjadi Asisten Administrasi Umum Setda Solo. Di sisi lain, masih beberapa jabatan yang kosong atau bakal kosong dalam waktu dekat.

Jabatan yang kosong atau akan kosong itu yakni Kepala DLH, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Kepala Diskominfo SP, Kepala Dinas Perhubungan (akan kosong pada Agustus) dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (akan kosong Oktober 2022). Jabatan yang kosong sementara diisi pelaksana tugas (plt).

Baca Juga: Perombakan Besar-Besaran, 829 Pejabat Pemkot Solo Dilantik

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo, Dwi Ariyatno, mengatakan pengisian jabatan kepala dinas segera dimulai. Pemkot menargetkan sudah mendapatkan kandidatnya dua bulan ke depan.

Tahapannya, antara lain seleksi administrasi, seleksi uji gagasan, asesmen dengan pihak ketiga, wawancara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya