Perjuangan Tiara Andini, dari Kelingking Patah hingga Raih Emas

Tiara Andini melibas lintasan sejauh 2,01km dengan catatan waktu terbaik yakni 3 menit 31,531 detik dan kecepatan rata-rata 34,21 km/jam.
SHARE
Perjuangan Tiara Andini, dari Kelingking Patah hingga Raih Emas
SOLOPOS.COM - Tiara Andini Prastika dan atlet downhill Indonesia lainnya tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Senin (16/5/2021) malam WIB. (Antara/HO-PB ISSI)

Solopos.com, JAKARTA – Tiara Andini Prastika tersenyum manis ketika sampai di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Senin (16/5/2022) malam WIB setelah pulang membawa medali emas SEA Games 2021 dengan penuh perjuangan.

Tiara bahkan sebelumnya sempat mengalami patah jari kelingking. Ya, Tiara menghapus rasa penasarannya seusai menjadi yang terbaik pada nomor downhill putri SEA Games 2021, Vietnam.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Namun tahukah bahwa perjalanan Tiara untuk bisa meraih emas tidak lah mudah?

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Impian Tiara untuk bisa menyumbang medali emas sebenarnya sudah ada sejak SEA Games edisi sebelumnya pada 2019 di Filipina. Tak dinyana, kala itu insiden tak terduga terjadi saat latihan atau satu hari menjelang lomba yang mengakibatkan jari kelingking kirinya patah.

Bukan Tiara namanya jika menyerah dengan keadaan. Atlet asal Semarang itu tetap berlomba dengan kondisi cedera hingga akhirnya bisa menyumbang medali perak dengan catatan waktu tiga menit 16,9 detik. Dia berada di belakang pebalap Filipina Lea Denise Belgira dengan waktu tiga menit sembilan detik.

Baca Juga: Kali Pertama, Indonesia Tanpa Emas Bulu Tangkis Beregu Putra SEA Games

Setelah itu, dia pulang ke Tanah Air dan menjalani operasi. Seusai menjalani pemulihan dan dengan keinginan besar untuk bisa menyumbang medali emas, Tiara kembali menunggangi sepeda dan kembali ke lintasan untuk berlatih.

Kemudian, Tiara langsung tancap gas menjalani TC panjang untuk mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2021 Vietnam. Hari demi hari perempuan murah senyum itu lewati dengan latihan dan latihan.

“Dari SEA Games 2019 sebenarnya targetnya emas, namun ada kendala cedera dan saya gagal. Belajar dari situ saya memperbaiki lagi teknik dan fisiknya,” kata Tiara dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Final SEA Games 2021: Kekuatan Bulu Tangkis Putri Indonesia Vs Thailand

Perjuangan Tiara pun membuahkan hasil. Impiannya akhirnya bisa terwujud dengan menyabet medali emas pada SEA Games Vietnam.

Berkat kegigihan dan persiapan matang, Tiara Andini melibas lintasan sejauh 2,01km dengan catatan waktu terbaik yakni 3 menit 31,531 detik dan kecepatan rata-rata 34,21 km/jam.

Baca Juga: Perkuat Lini Belakang, Persis Solo Datangkan Pemain Berdarah Brasil Ini

Dia menang atas wakil Thailand Vipavee Deekaballes yang berada di urutan kedua dengan membukukan 3 menit 42,337 detik atau terpaut 10,806 detik dari Tiara.

Sementara pesepeda Filipina Naomi Gardoce membawa pulang perunggu usai membukukan waktu 3 menit 44,722 detik atau terpaut 13,191 detik dari sang pemenang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago