SOLOPOS.COM - Ilustrasi demo buruh menuntut penghapusan outsourcing di Indonesia (Rachman/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengungkapkan akan memperingati Hari Buruh atau May Day yang digeser pada 14 Mei 2022.

Biasanya Hari Buruh Internasional diperingati pada 1 Mei. Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan, pergeseran itu karena pada 1 Mei bertepatan rangkaian Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: 7 Tahun Hari Buruh Wonogiri Tanpa Demonstrasi, Apa Kuncinya?

Ekspedisi Mudik 2024

Adapun, lokasi peringatan May Day tahun 2022 dijadwalkan di Senayan atau di Jakarta International Stadium (JIS). Di dua lokasi itu, pihaknya berencana melakukan deklarasi perjuangan buruh oleh Partai Buruh dan gerakan buruh Indonesia.

Sekitar 100.000 lebih buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi di DPR. Selanjutnya akan ke Istora Senayan atau JIS. Pihaknya akan menuntut sejumlah hal di antaranya menurunkan harga kebutuhan pokok, tolak upah murah dan sistem alih daya (outsourcing).

Baca Juga: Hari Kartini, Puluhan Perempuan Menari Gambyong Massal di Blitar Jatim

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya mengkaji keinginan para buruh mengadakan peringatan Hari Buruh Internasional di JIS.

“Nanti kami akan pelajari apakah dimungkinkan atau tidak,” katanya di Balai Kota Jakarta, Kamis (22/4/2022). Dia mengetahui informasi tersebut, dan belum menerima surat pemberitahuan terkait peringatan May Day.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: May Day 2022, Seratus Ribu Buruh Turun ke Jalan Peringati Hari Buruh 14 Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya