SOLOPOS.COM - Konvoi Ojek Online dari Kondom Sutra mengampanyekan pria aktif KB dalam memperingati HUT ke-76 RI. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Momentum HUT ke-76 Kemerdekaan RI dimanfaatkan oleh Kondom Sutra untuk berkampanye mengajak kaum pria terlibat secara aktif menjadi pemimpin dalam perencanaan program Keluarga Berencana (KB).

Acara itu dikemas dalam konvoi ojek online dengan membawa bendera bertuliskan “Pria Ber-KB Itu Keren!” berkeliling di sepanjang Kota Jakarta selama sehari penuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masih banyak masyarakat beranggapan bahwa ber-KB merupakan tugas dan kewajiban perempuan. Untuk itu, tidak dipungkiri saat ini peran pria terhadap program KB masih sangat minim, terbukti hanya 3,12% laki-laki menggunakan kondom dan 0,5% yang melakukan vasektomi untuk program perencanaan keluarga. Untuk itu, melalui momentum Hari Kemerdekaan RI ke-76 ini kami sekaligus ingin mengajak pria di Indonesia untuk terlibat secara aktif dalam ber-KB,” ujar Brand Manager Kondom Sutra, David Dwi Santoso.

Baca Juga: Satria, Satelit Multifungsi Pemersatu Nusantara

Ekspedisi Mudik 2024

David menyadari selama ini KB selalu diidentikkan dengan perempuan. Padahal, menurutnya, tanggung jawab untuk melakukan perencaanaan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi sama seperti pola mengasuh anak yang merupakan peran dan tanggung jawab dari kedua belah pihak yang sama rata antara suami dan istri.

“Dengan perencanaan yang lebih matang, maka keluarga lebih bahagia, ekonomi lebih terencana, dan matang,” bebernya.

Suami sebagai kepala rumah tangga, menurut brand manager Kondom Sutra itu, harus aktif berperan serta dalam menyukseskan keluarga berencana dapat dimulai dari langkah yang sederhana yaitu menggunakan kondom dan/atau melakukan vasektomi.

Hadiah dari Kondom Sutra

Untuk menambah kemeriahan konvoi, Kondom Sutra juga menyelenggarakan kompetisi spesial bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Caranya, cukup dengan mengunggah foto atau video ketika Anda menemui konvoi tersebut dan tag serta me-mention akun Instagram @kondomsutra dan menyertakan hashtag #SutraKBPria.

Baca Juga: Merdekaaa!! Merah Putih Berkibar di Puncak Tertinggi Turki

Akan ada 17 pemenang yang menerima hadiah berupa uang digital masing-masing senilai Rp250.000.

Rute di Jakarta yang dilewati oleh Konvoi Ojek Online “Pria Ber-KB Itu Keren!” dari Kondom Sutra antara lain kawasan Sudirman; Thamrin; Pondok Indah; Gandaria City; Mayestik; Blok M; Gelora Bung Karno; Semanggi; Bundaran HI; Sarinah; Menteng; Tugu Tani; hingga Kota Tua.

Iring-iringan sepeda motor ini berjalan dari pukul 10.00 WIB berangkat setelah momen detik-detik proklamasi hingga selesai, terdiri atas 17 pelaku ojek online.

Baca Juga: Berurusan dengan Polisi, Begini Perasaan Dinar Candy

“Kondom Sutra selalu berupaya untuk mengkomunikasikan bahwa kesetaraan gender bisa tercapai salah satunya dengan kemauan dan kemampuan para pria untuk memiliki kesadaran serta tanggung-jawab akan menjaga kesehatan reproduksi dan berpartisipasi untuk menggunakan kontrasepsi, sehingga beban perencanaan keluarga tidak hanya ditanggung oleh perempuan,” tegas David.

Seharusnya, lanjutnya, urusan KB merupakan tanggung jawab kedua belah pihak. Apa lagi pada saat pandemi Covid-19 ini dimana kejadian kehamilan tidak direncanakan juga mengalami peningkatan.

“Untuk itu, dengan adanya konvoi ojek online ‘Pria Ber-KB Itu Keren!’, kami berharap dapat menarik kesadaran pria yang mau ikut KB lebih banyak lagi dengan kampanye yang unik,” tutup David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya