top ear
Suasana peringatan Hari Guru di SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Rabu (25/11/2020). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)
  • SOLOPOS.COM
    Suasana peringatan Hari Guru di SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Rabu (25/11/2020). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

Peringati Hari Guru, Ini Kejutan Siswa SMP Birrul Walidain untuk Para Guru Mereka

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memberikan kejutan kepada guru mereka di Hari Guru.
Diterbitkan Rabu, 25/11/2020 - 15:00 WIB
oleh Solopos.com/Muh Khodiq Duhri
2 menit baca

Solopos.com, SRAGEN -- Lagu Guruku Tersayang mengalun merdu di Aula SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Rabu (25/11/2020). Saat para guru tengah berkumpul di aula, sejumlah siswa yang mengenakan pakaian serbabatik dan mengenakan masker tiba-tiba masuk. Mereka menenteng spanduk panjang bertuliskan, “Selamat Hari Guru SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Jasamu akan selalu kami kenang.”

Sejumlah siswa lain ikut masuk ke aula dengan menenteng foto berbingkai. Di foto itu terpampang wajah-wajah ceria pada guru SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Tak lama kemudian, seorang siswa maju ke depan. Di hadapan para guru, ia membacakan puisi yang bertema perjuangan guru dalam mendidik siswa.

Sejumlah siswa lain kembali masuk dengan menenteng bunga yang kemudian dibagikan kepada para guru. Kejutan untuk para guru itu belum berhenti. Dari balik layar proyektor, video dokumentasi kegiatan para guru di sekolah itu diputar. Gelak tawa guru pecah saat menyaksikan beberapa wajah mereka muncul dalam video.

Xenia dan Truk Adu Banteng di Sragen, 1 Meninggal 7 Luka-Luka

Saat mata guru dan siswa tertuju pada tayangan video di layar proyektor, sejumlah siswa masuk ke aula dengan membawa nasi tumpeng. Nasi tumpeng itu kemudian dinikmati bersama antara siswa dan guru.

Kepala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Amir, memotong tumpeng yang disiapkan siswa. (Solopos.com/Muh. Khodiq Duhri)

Diam-Diam

Kegiatan peringatan Hari Guru tersebut digelar secara diam-diam oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ranting SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Sebagian besar guru tidak mengetahui akan adanya kejutan dari anak didik mereka. Para guru hanya diminta berkumpul di aula untuk mendapat pengarahan dari kepala sekolah. Namun, di tengah-tengah acara, para siswa tiba-tiba masuk aula untuk memberi kejutan kepada guru-guru mereka.

“Ada 22 siswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Persiapan membuat kejutan ini sekitar dua pekan. Tapi, koordinasi baru lebih intensif dalam sepekan terakhir. Harapan saya di Hari Guru ini, semoga guru kami sehat. Panjang umur dan tetap semangat mengajar kami para siswanya. Kadang-kadang kami memang bikin jengkel guru. Mewakili siswa lain, saya menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya,” ujar Ketua IPM Ranting SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Zakky Putra Maulana, saat ditemui wartawan seusai kegiatan.

Kronologi Kecelakaan Maut Xenia dan Truk Adu Banteng di Sragen

Kepala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Amir, berterima kasih kepada para siswa yang mau bersusah payah menyiapkan kejutan untuk para guru. Masih dalam rangka peringatan Hari Guru, Amir juga memberikan penghargaan kepada enam guru yang sudah mengabdi selama lebih dari lima tahun. “Ada enam guru yang punya loyalitas dan dedikasi tinggi. Kriterianya, selain kinerja dan motivasinya yang baik, semangat kerjanya juga patut diacungi jempol karena mereka sudah mengabdi minimal lima tahun,” papar Amir.


Editor : Profile Kaled Hasby Ashshidiqy
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini