SOLOPOS.COM - Suasana May Day Fiesta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (14/5/2022). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.

Solopos.com, JAKARTA – Peringatan Hari Buruh Sedunia yang digelar kaum buruh di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (14/5/2022), berjalan lancar.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengapresiasi Kepolisian RI (Polri) yang membantu pengamanan kegiatan May Day Fiesta tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Said, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, pihaknya merasa terbantu oleh Polri dalam memperoleh izin menggunakan GBK sebagai lokasi berlangsungnya May Day Fiesta.

“Dengan bantuan berbagai pihak, seperti Sekretariat Negara serta kepolisian dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya, kami bisa menggunakan GBK dengan beberapa persyaratan,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Diperingati 1 Mei, Begini Sejarah Hari Buruh Sedunia atau May Day

Di antaranya, lanjut Said, pihak kepolisian mensyaratkan agar para buruh tetap mematuhi protokol kesehatan serta mengurangi jumlah massa buruh yang mendatangi GBK.

Sebelumnya, kata Said, diperkirakan ada 100.000 orang yang akan hadir di GBK, namun akhirnya yang diperkenankan masuk hanya sekitar 50.000 orang.

“Kapasitas GBK adalah sekitar 76 ribu orang dan kami menjaga jarak satu bangku kosong, memakai masker, dan melakukan tes antigen, bahkan ada yang sudah divaksin booster. Itulah kesepakatannya sehingga akhirnya diperbolehkan menggunakan GBK,” tutur Presiden Partai Buruh ini.

Baca Juga: Belum ada Kesepakatan, KSPI dan FSPMI Lanjutkan Boikot Indomaret

Dalam kegiatan May Day Fiesta, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah massa buruh.

Dalam pidato singkat di atas panggung, dia berharap buruh Indonesia semakin sejahtera pada momentum perayaan Hari Buruh Sedunia.

“Semoga buruh semakin sejahtera,” ucap Sigit.

Baca Juga: Diperingati 1 Mei, Begini Sejarah Hari Buruh Sedunia atau May Day

Dia juga berterima kasih kepada buruh yang ikut berperan dalam menanggulangi pandemi Covid-19 melalui berbagai upaya, seperti menerapkan protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi.

“Dalam kesempatan ini, kami juga mengucapkan apresiasi dan kehormatan setinggi-tingginya kepada seluruh rekan-rekan buruh yang telah bersama-sama berjuang dengan elemen bangsa yang lain pada saat menghadapi pandemi Covid-19 dua tahun ini,” kata Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya