SOLOPOS.COM - Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo menyiram air saat peringatan Hari Air Dunia di Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Senin (22/3/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BANTEN -- Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-29 tahun 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui balai-balai di seluruh Indonesia  melakukan penanaman pohon di berbagai area infrastruktur secara serentak.

Puncak peringatan dipusatkan di Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Senin (22/3/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo mengatakan kegiatan peringatan HAD ke-29 tahun 2021 yang mengusung tema nasional “Mengelola Air, Menjaga Kehidupan" dilakukan untuk meningkatkan pemahaman publik akan pentingnya air bagi kehidupan untuk selanjutnya bersama-sama melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

"Masyarakat perlu diberikan pemahaman dan kesadaran bahwa mereka tidak hanya memiliki hak sebagai pengguna air, tetapi juga bertanggung jawab serta wajib memberikan konstribusi dalam memelihara alam dan lingkungan yang menjadi sumber air," katanya.

Baca Juga: Bukan Cuma Watu Kandang, Ini 3 Situs Prasejarah di Karanganyar

Menurutnya, peringatan ini juga merupakan bagian dari kampanye dari rumah ke rumah untuk meningkatkan kesadaran akan daya rusak air akibat kerusakan lingkungan. "Lingkungan dan air yang tidak terawat bisa menjadi musuh, namun apabila dirawat dengan baik akan menjadi kawan," ujarnya.

Jhon Wempi Wetipo menambahkan Bendungan Sindangheula yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 4 Maret 2021 lalu, memiliki kapasitas tampung 9,3 juta m3 dan diharapkan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare (ha) sawah di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten,  sebagai penyedia air baku hingga 0,80 m3/detik, pengendalian banjir, pembangkit listrik dan memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata baru di Banten.

Apresiasi ke Kementerian PUPR

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berujar air apabila dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh akan memberikan manfaat.

"Karena setiap tetes air mengandung makna kehidupan. Saya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang telah melakukan kegiatan penanaman pohon yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas," ujar Menko PMK.

Sementara Staf Ahli Menteri PUPR (Sampu) Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman dalam laporannya mengatakan, Kementerian PUPR berkomitmen ikut serta mengkonservasi sumber daya air, antara lain melalui gerakan penanaman pohon di semua infrastruktur yang dibangun oleh Kementerian PUPR, baik itu infrastruktur sumber daya air, bina marga, cipta karya, dan perumahan.

Baca Juga: Anjing Robot Diajak Jalan Santai di Tepian Pantai Bikin Warga Penasaran

Sudirman menerangkan jenis pohon yang akan ditanam pada dasarnya ada dua jenis, yaitu pohon untuk memperkuat infrastruktur dan pohon produktif yang bernilai ekonomi, terutama dari buah atau daunnya, antara lain durian, mangga, pete, jengkol, alpukat, nangka, rambutan, jambu, dan banyak lagi sehingga diharapkan mampu membantu perekonomian masyarakat setempat.

Hari Air Dunia atau World Water Day merupakan hari peringatan untuk menyadarkan masyarakat di dunia akan pentingnya sumber air yang berkelanjutan. Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret sejak disepakati pada sidang umum PBB ke-47 di Rio De Janeiro Brasil (22 Desember 1992). Peringatan Hari Air Sedunia ke XXIX telah dimulai sejak tahun 1993 dengan tujuan supaya masyarakat di dunia memberi dukungan dalam konservasi air.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR  Zainal Fatah, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Kementerian PUPR Airlangga Mardjono, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah, Sekretaris Ditjen Cipta Karya Didiet A. Akhdiat, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung Cidurian Sahroni Soegiharto. Selain itu hadir juga Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Bupati Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya