SOLOPOS.COM - Sukarelawan menanam bibit pohon di bantaran Sungai Bengawan Solo, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/1/2021). (Solopos.com-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo menanam pohon di bantaran Sungai Bengawan Solo dan Jl. Ir. Juanda, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/1/2021). Penghijauan DLH Solo itu dilaksanakan dalam rangka peringatan Gerakan Satu Juta Pohon.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, petugas DLH Kota Solo dan sukarelawan menanam tanaman buah di bantaran sungai dan tanaman perdu serta bunga di Jl. Ir. Juanda. Tanaman perdu sebagai pengganti puluhan pohon yang ditebang akibat proyek koridor Juanda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vaksin Covid-19 Datang, 2.785 Vaksinator Jateng Siap

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala DLH Kota Solo, Gatot Sutanto, menjelaskan penanaman tersebut dalam rangka memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon sedunia yang jatuh setiap 10 Januari. DLH Kota Solo menggandeng TNI/Polri, Pramuka, dan berbagai sukarelawan menanam pohon sejak Desember.

“Kami memilih pohon buah-buahan untuk menghambat pertumbuhan semak-semak di bantaran. Semak-semak yang tumbuh liar dapat menghambat aliran air saat musim hujan,” kata dia.

2.000 Bunga

Gatot mengklaim, akar tanaman buah yang ditanam oleh sukarelawan tidak akan merusak infrastruktur sungai karena budidaya tanaman buah dengan cara  setek. Sedangkan tanaman perdu dan 2.000 bunga sebagai penghijauan dan mempercantik Jl. Ir. Juanda.

Ingin Jual Properti di Masa Pandemi, Perhatikan Tips 

Salah satu sukarelawan sekaligus Branch Manager Nurul Hayat Solo, Lilik Purwanto, menjelaskan kondisi bantaran Sungai Bengawan ditumbuhi semak liar. Para sukarelawan atau pekarya sungai selalu membersihkan semak berbulan-bulan setiap sore supaya aliran sungai lancar.

“Kami menanam 104 pohon buah supaya buahnya bisa bermanfaat. Pohon yang berbuah bisa dikelola sekaligus pemberdayaan sehingga hasil panan buah yang terjual bisa untuk menanam bibit pohon lagi,” kata dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Wahyu Prakoso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya