SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir rob yang terjadi di Kota Semarang, Jateng, Senin (23/5/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis potensi banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir Indonesia, termasuk Jawa Tengah atau Jateng pada 30 Mei hingg 7 Juni mendatang. Dalam siaran pers yang diperoleh Solopos.com, Senin (30/5/2022), banjir rob ini terjadi karena adanya fase bulan.

“Adanya fase bulan baru pada tanggal 30 Mei 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut. Berdasarkan pantauan data water leel dan prediksi pasang rurut, banjir pesisir [rob] berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada 30 Mei-7 Juni 2022,” tulis Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Dalam rilis itu, BMKG juga mencantumkan daerah-daerah yang berpotensi terdampak banjir pesisir atau rob. Daerah itu antara lain Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kemudian Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Maluku.

“Potensi banjir pesisir [rob] diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. Kondisi ini secara umum dapat menganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” imbuh Eko.

Baca juga: Walhi: Banjir Rob di Jateng Akibat Masifnya Pembangunan di Pesisir

BMKG pun mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah pesisir untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut itu. Selain itu, masyarakat diminat untuk memantau informasi cuaca secara berkala melalu laman web maupun media sosial milik BMKG Maritim.

Banjir rob melanda kawasan pesisir di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) pada pekan lalu. Wilayah yang terdampak banjir rob di Jateng itu antara lain Kota Semarang, Pekalongan, Demak, Tegal, dan Rembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya