SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Perhotelan di Kudus ternyata belum sepenuhnya memenuhi satndar. Mayoritas hotel di Kudus ternyata belum mengantongi sertifikat laik sehat dari Dinas Kesehatan Kudus 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, KUDUS – Mayoritas hotel di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hingga kini belum mengantongi sertifikat laik sehat, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Maryata.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami mencatat baru satu hotel yang mengantongi sertifikat laik sehat sebagai bukti tempat usahanya memenuhi standardisasi kesehatan,” ujarnya seperti dikutip Antara, Jumat (27/2/2015).

Ketentuan tentang sertifikat laik sehat tersebut, kata dia, bertujuan untuk melindungi konsumen serta menggugah kepedulian pengelola jasa penginapan untuk memberikan layanan terbaik.

Ia mengatakan, surat keterangan laik sehat yang dikeluarkan oleh Dinkes Kudus merupakan salah satu syarat izin operasional hotelnya.

Terkait hal itu, kata dia, Dinkes Kudus juga sudah melakukan sosialisasi kepada pengelola hotel dan restoran di Kabupaten Kudus.

“Kami juga sudah memberikan formulir pengurusan laik sehat tersebut, namun hingga kini belum ada yang mengajukan,” ujarnya.

Kriteria penilaian terdiri dari tingkat kebersihan kamar, cara mencuci benda-benda yang hendak digunakan oleh para tamu hingga sistem sanitasi hotel.

Sementara itu, Wakil Direksi Hotel Salam Asri Kudus Samuel Teguh Hariono mengakui sudah pernah mendapatkan sosialisasi soal laik sehat.

Ia mengakui, siap mengurus soal surat keterangan laik sehat karena bisa menjadi nilai tawar tersendiri terhadap konsumen.

“Kami masih menunggu kunjungan petugas karena sebelumnya sudah pernah datang ke hotel,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya