SOLOPOS.COM - Ada sejumlah hal harus diperhatikan saat memilih hand sanitizer. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan saat memilih hand sanitizer. Apalagi sekarang cairan pembersih kuman ini sudah menjadi barang wajib yang dibawa kemana pun kita pergi.

Selain masker kesehatan, produk hand sanitizer menjadi komoditi yang banyak dicari publik di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Hal ini membuat industri tersebut tumbuh gemilang selama pandemi. Jika tak ada sabun dan air mengalir, maka benda ini bisa menjadi penyelamat atau penolong Anda untuk mensterilkan tangan dari kuman dan virus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lalu hal apa sajakah yang harus jadi perhatian saat memilih hand sanitizer? Menurut praktisi kesehatan, Amanda Rahmania, bahwa dalam memilih produk pembersih tangan, sangat penting melihat kandungan yang baik dalam produk hand sanitazer yang kita gunakan sehari- hari.

Hand sanitizer yang menjadi sahabat keseharian kita di era new-normal, harus dapat melindungi dari virus dan bakteri, dan sebaiknya memiliki kandungan yang aman, sehingga bisa digunakan ke peralatan makan dan mainan anak. Juga harus memperhatikan kandungannya,” ujarnya.

Baca Juga: Orang Tanpa Gejala Covid-19 Tidak Menularkan Virus Corona, Benarkah?

Dia menuturkan, kandungan yang harus diperhatikan misalnya varian alkoholnya dan ada bahan aktif anti-microbial yang efektif membunuh kuman dan secara klinis harus ramah lingkungan. “Apalagi, lanjutnya, dengan adanya pandemi corona dan varian terbarunya sekarang ini, masyarakat perlu sangat ekstra menjaga dirinya salah satunya dengan membawa hand sanitezer yang mudah dibawa kemana-mana, langkah ini sekaligus mereduksi kuman dan virus yang tidak kasat mata tersebut agar tidak mudah masuk kedalam tubuh kita,” papar Dr. Amanda Rahmania.

Menurut data Kementerian Kesehatan, terlihat peningkatan signifikan jumlah produsen alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, thermometer dari awal kasus Covid-19 sekitar Februari 2020 sampai dengan tanggal 21 September 2020. Bahkan produsen hand sanitizer jumlahnya meroket dari 45 menjadi 475 industri atau terjadi peningkatan 955 persen.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan hand sanitizer yang Anda gunakan dapat membunuh kuman secara efektif. Kira-kira hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih hand sanitizer? Berikut ulasannya seperti dikutip dari saniter.co.id pada Kamis (20/1/2022):

1. Gunakan Hand Sanitizer dengan Kandungan Alkohol Lebih Dari 60%

Menurut ahli Imunologi, Heather Moday, dirinya mengungkapkan bahwa hand sanitizer yang paling bagus ialah yang berbasis etil alkohol ataupun alkohol isopropil. Selain itu, hand sanitizer dengan 60 persen atau lebih kandungan alkohol terbukti mampu untuk mengurangi dan membunuh sebagian besar bakteri dan virus yang menempel di tangan.

Baca Juga: Mengenal Florona, Gabungan Flu dan Virus Corona

Selain itu, pilih juga hand sanitizer yang teksturnya ringan dan tidak lengket. Begitu pula dengan kemasan yang praktis, sehingga memudahkan Anda untuk tetap higienis tanpa perlu mencuci tangan ketika berada di tempat umum yang jauh dari sumber air.

2. Pilih Merek Hand Sanitizer yang Sudah Terjamin

Merek suatu produk pastinya mempengaruhi kualitas yang dihasilkan, bukan? Pilihlah produk hand sanitizer dengan merek yang sudah terjamin dan pastinya sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang telah terdaftar di BPOM pastinya sudah melewati masa pengujian sehingga aman untuk digunakan.

3. Teliti Keaslian Produk

Di samping melihat kandungannya, ketika memilih hand sanitizer Anda juga sebaiknya melihat dahulu keaslian dan keamanan produk tersebut. Anda juga dapat melakukan pengecekan di lembaga pemerintah seperti infoalkes.kemkes.go.id untuk mengetahui keasliannya.

Penggunaan hand sanitizer sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan penggunaan sabun dan air dalam membersihkan tangan. Anda hanya perlu mengusap cairan pembersih tangan ke telapak tangan secukupnya pada kedua telapak tangan, lalu bersihkan punggung tangan, sela-sela jari, sela-sela kuku, dan bagian jari-jari lainnya hingga bersih.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya