Perhatikan Cara Perawatan Monstera Agar Tumbuh Maksimal

Perawatan Monstera sebenarnya termasuk gampang.
Perhatikan Cara Perawatan Monstera Agar Tumbuh Maksimal

Solopos.com, SOLO-Bagi Anda yang jatuh cinta pada keindahan Monstera atau janda bolong, sebaiknya ketahui cara perawatan yang benar. Jangan sampai tanaman yang Anda miliki sekarat dan mati hanya gara-gara salah penanaganan.

Perawatan Monstera sebenarnya termasuk gampang. Tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik meskipun Anda tidak sengaja atau lupa merawat atau menyiraminya selama beberapa hari. Hal ini karena tanaman ini tidak butuh air banyak.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam perawatan Monstera jika menanamnya di luar ruangan adalah kelembapan dan terpaan air. Tanaman ini mudah membusuk jika terlalu sering basah.

Memelihara monstera di rumah memberikan keuntungan. Tanaman hias monstera memiliki permukaan daun yang lebar sehingga mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah yang banyak di pagi hingga siang hari. Dengan menempatkan tanaman ini di dalam pot di dalam ruangan, maka ruangan tersebut akan menjadi lebih segar dan nyaman.

Baca Juga: Simak Penyebab dan Dampak Sleep Apnea

Keunggulan lainnya, permukaan daun monstera yang lebar mempunyai lapisan seperti lilin yang dapat ‘menangkap’ debu sehingga menjaga ruangan tetap bersih. Anda cukup membersihkan debu yang menempel pada permukaan secara rutin agar tanaman bisa tetap bersih.

Tanaman monstera juga bisa memunculkan kelembapan yang baik pada ruangan Anda. Suasana di dalam rumah akan menjadi lebih sejuk dan tidak terlalu kering dan mengakibatkan kulit Anda menjadi mengering dan tidak nyaman. Monstera merupakan salah satu bentuk tanaman hias yang sangat mudah untuk dirawat.

Berikut ini adalah beberapa cara terbaik dan paling mudah untuk perawatan Monstera seperti dikutip dari Suara.com, Selasa (14/9/2021):

1. Tanaman monstera adalah salah satu tanaman yang bisa Anda tanam di dalam rumah.

Berbeda dari tanaman biasa, tanaman monstera ini tidak terlalu membutuhkan cahaya. Tanaman monstera yang terlalu banyak terkena cahaya warna daunnya akan berubah menjadi kuning keemasan.

2. Tanaman ini akan bisa tumbuh subur apabila berada di dalam ruangan yang sedikit gelap dan daunnya akan menjadi jauh lebih banyak. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menempatkan tanaman ini agar tidak terkena cahaya secara langsung.

3. Anda tidak perlu menyiram tanaman ini secara rutin. Terlalu sering menyiramnya justru membuat tanaman ini membusuk. Sebelum Anda menyiram, lihatlah terlebih dahulu kondisi tanahnya. Apabila tanah masih terlalu basah, jangan dulu disiram. Tunggu hingga tanah menjadi lebih kering.

Baca Juga: Harga Tanaman Hias Ini Juga Fantastis Seperti Monstera King Variegata

4. Monstera punya tingkat pertumbuhan yang cepat. Agar tidak terlalu rimbun, Anda bisa membatasi pertumbuhannya dengan mengatur besar potnya. Sebaliknya, jika Anda ingin tanaman tersebut tumbuh lebat, lakukan pemindahan pot secara berkala ke ukuran yang lebih besar.

Pastikan untuk memberikan pupuk pada media tanam untuk mendapatkan daun monstera yang berwarna cerah dan indah. Sesuaikanlah jumlah pupuk yang Anda berikan agar tanah tidak menjadi terlalu asam dan merusak tanaman.

 


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago