SOLOPOS.COM - Ilustrasi perawat orang lansia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jika Anda sedang mencari perawat untuk orang tua yang sudah lanjut usia (lansia) sebaiknya perhatikan lima kriteria yang harus ada pada mereka. Jangan sampai Anda keluar duit mahal tapi mendapatkan pelayanan yang tidak sepadan.

Saat ini, tak sedikit keluarga memilih jasa perawat untuk merawat orang tua yang sudah lansia. Penyebabnya beragam, salah satunya adalah tidak mengetahui cara merawat yang baik dan benar serta kesibukan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mencari perawat yang cocok dan tepat untuk orang lansia memang tidak selalu mudah. Anda sendiri mungkin masih kebingungan bagaimana menentukan kriteria untuk perawat sesuai dengan lansia. Meski begitu, setidaknya ada beberapa kriteria umum yang harus dimiliki seorang perawat orang lansia.

Baca Juga: 5 Kafe Terunik di Dunia, Ada yang Simulasikan Gempa Magnitudo 7,8

Dikutip dari hellosehat.com pada Rabu (1/12/2021) berikut ini sejumlah kriteria yang harus dimiliki perawat orang lansia:

1. Memiliki pengalaman dalam bidang keperawatan

Kriteria pertama perawat lansia adalah berpengalaman. Jika Anda memang ingin mencari perawat yang terbaik untuk lansia, sebaiknya pekerjakan seseorang yang sudah memiliki pengalaman dalam merawat orang dengan usia lanjut. Dengan begitu, setidaknya perawat tersebut sudah memahami apa yang harus ia lakukan saat menghadapi lansia.

Apabila lansia mengalami penyakit tertentu, tidak ada salahnya untuk mencari seorang perawat yang sudah memiliki sertifikat khusus dalam memberikan penanganan medis. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang jika terpaksa meninggalkan lansia hanya berdua dengan perawat.

2. Memiliki fleksibilitas dalam bekerja

Menjadi seorang perawat lansia mungkin bukan pekerjaan yang sama seperti menjadi seorang pegawai kantoran. Pasalnya, tiap lansia memiliki aktivitas dan kebutuhan yang berbeda, sehingga Anda perlu mencari seseorang yang memiliki fleksibilitas dalam bekerja, baik dalam sisi jenis pekerjaan yang dilakukan hingga lama waktu bekerja.

Baca Juga: Viral! Pasangan Malaysia Ini Pergi ke Paris Naik Motor

Sebagai contoh, seorang lansia mungkin membutuhkan perawat untuk membantunya menggunakan pakaian, menyuapi, menyiapkan obat-obatan dan lain sebagainya. Sementara itu, lansia lain mungkin hanya membutuhkan seorang perawat untuk menemaninya bepergian.

3. Memiliki kesabaran yang tinggi

Sebagai seorang perawat, memiliki kesabaran yang tinggi adalah salah satu kriteria penting. Hal ini menjadi sangat berpengaruh saat perawat menjalin komunikasi dengan lansia. Pasalnya, saat memasuki usia senja, tidak sedikit yang mulai kehilangan kemampuannya untuk mengingat dan mulai bersikap seperti anak kecil.

Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi para perawat untuk melatih kesabaran. Apalagi, memiliki kesabaran dan pengertian yang tinggi akan memudahkan perawat dalam menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan lanjut usia. Dengan begitu, perawat juga akan lebih mudah untuk melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Masa Menstruasi Tiba-Tiba Lebih Singkat dari Biasanya

4. Memiliki kepedulian yang besar terhadap lansia

Perawat juga harus memiliki kepedulian yang besar terhadap lansia. Setidaknya, seorang perawat bisa mengetahui kebutuhan lansia meski tidak mereka tak sampaikan melalui kata-kata. Itu artinya, perawat juga perlu memiliki kemampuan observasi dan memahami bahasa tubuh yang baik.

Pasalnya, ada lansia yang memiliki suatu kondisi kesehatan yang membuatnya tidak bisa berbicara dengan lancar. Ada pula lansia yang kurang bisa secara nyaman menyampaikan apa yang ada di pikiran dan peraasannya. Hal ini mengharuskan perawat untuk bisa lebih peka dengan kondisi yang sedang terjadi pada orang lanjut usia.

Baca Juga: Hari AIDS Sedunia, Para Pesohor Ini Tunjukkan Kepedulian

5. Memiliki kreativitas agar lansia aktif berkegiatan

Sebagai perawat, sebaiknya Anda memang mengikuti keinginan dan kebutuhan dari orang lanjut usia. Namun, bukan berarti Anda harus selalu pasif saat menjaga dan merawat orang lanjut usia. Ada kalanya, Anda juga harus proaktif untuk membantu mencarikan kegiatan untuk lansia agar tidak bosan.

Akan tetapi, sesuaikan kegiatan dengan kemampuan dan kegemaran lansia. Jika lansia masih cukup kuat untuk beraktivitas di luar rumah, tak ada salahnya untuk mengajaknya jalan-jalan sore, atau bahkan mengikuti kegiatan olahraga yang membuat tubuh lansia menjadi lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya