SOLOPOS.COM - Kepala daerah se-Soloraya berfoto seusai mengikuti rakor di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (22/12/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Alun-alun dan area publik di semua kabupaten/kota di Soloraya akan ditutup pada malam Tahun Baru 2022, mulai 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Sementara itu, aparat TNI bersama Polri menjamin keamanan selama masa perayaan Natal dan tahun baru.

Kesepakatan penutupan alun-alun itu dicapai dalam rapat koordinasi (rakor) kepala daerah se-Soloraya di pendapa rumah dinas Bupati Karanganyar, Rabu (22/12/2021). Rakor dipimpin Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama, Kolonel (Inf) Rudy Saladin dan diikuti kepala daerah, Komandan Kodim, Kepala Polres/Polresta dari tujuh kabupaten/kota di Soloraya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tadi sudah sepakat alun-alun di Soloraya dan area publik pada malam Tahun Baru kita tutup. Wilayah aglomerasi ini kami persilakan masyarakat menyesuaikan. Yang paling bagus merayakan Tahun Baru adalah bersama keluarga, berdoa kepada Tuhan memohon agar 2022 jauh lebih baik dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” ujar Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mewakili para kepala daerah.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Karanganyar Waspadai Omicron Saat Libur Nataru

Penutupan alun-alun dan area publik lainnya ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya kerumunan yang dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. Dalam pelaksanaannya nanti, kawasan yang biasa dikunjungi massa pada malam Tahun Baru tersebut akan dijaga oleh aparat keamanan dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP.

Sementara itu, Danrem Rudy mengatakan pihaknya menjamin pelaksanaan Natal dan tahun baru di wilayah Soloraya aman. “Dibantu kepolisian di masing-masing wilayah, kita pastikan pelaksanaan Natal dan tahun baru di wilayah wilayah Soloraya insya Allah aman,” ujarnya.

Ia menegaskan kembali bahwa dalam musim Natal dan tahun baru ini tidak ada penyekatan jalan, namun akan ada pengetatan. Pengguna jalan dengan kendaraan dari luar kota akan dicek status vaksinasi Covid-19 serta kesehatannya.

Baca Juga: Tiga Pos Terpadu Disiagakan di Jalur Wisata Karanganyar

Sementara itu, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mewakili jajaran kepolisian juga menyatakan siap mengamankan perayaan Natal dan tahun baru di wilayah masing-masing.

“Polri dan TNI se-Soloraya berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Soloraya. Kami siap berjibaku untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru. Kami akan hadir sebagai representasi negara menjamin keamanan saudara-saudara kita yang akan melaksanakan ibadah Natal secara aman, tertib, lancar, dan sehat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya