SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat terbatas pada perdagangan akhir pekan, Jumat (5/8/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, kemarin Kamis (4/8/2022), IHSG berada pada posisi 7.057,34 atau naik 0,15 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tercatat, 270 saham menguat, 245 saham melemah, dan 168 saham bergerak stagnan. Tim Analis MNC Sekuritas menyebutkan, secara teknikal label hitam posisi IHSG sudah berada di akhir wave (b) dari wave [y] dari wave Y.

Sehingga, penguatan IHSG sudah mulai terbatas dan rawan terkoreksi ke rentang area 6,817-6,953.

“Namun demikian, dapat diperhatikan label merah, di mana IHSG masih berpeluang menguat ke rentang area 7,108-7,150 untuk membentuk wave [x],” demikian kutipan laporan tersebut seperti dilansir Bisnis.

Selanjutnya, MNC Sekuritas memperkirakan IHSG hari ini bergerak pada level support 6.900 dan 7.030 serta resistance 7.070 dan 7.160.

Adapun beberapa saham yang menjadi rekomendasi MNC Sekuritas untuk perdagangan hari ini adalah sebagai berikut: DEWA, SMGR, TLKM, dan BBNI.

Baca Juga: Harga Bawang Putih Naik, Cabai Turun! Cek Harga Pangan Hari Ini

Sementara itu, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan berdasarkan analisa teknikal, hari ini IHSG berpotensi menguat terbatas pada rentang 6.939-7.097.

Laju IHSG akan diwarnai oleh rilis pertumbuhan ekonomi kuartalan dalam negeri yang akan diumumkan pemerintah hari ini. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan masih akan kuat di atas level 5 persen-an.

“Hal ini sejalan dengan pemulihan ekonomi dalam negeri yang terus berlangsung dan juga tingkat pengendalian Covid-19 yang cenderung baik di mana berujung pada penurunan status PPKM, mobilitas dan tingkat konsumsi,” jelas Nico dalam rilis harian, Jumat (5/8/2022).

Pada kuartal II/2022, lanjutnya, memang konsumsi rumah tangga cenderung meningkat didukung oleh momentum keagamaan Ramadhan dan Lebaran. Selain itu, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi turut mendorong pertumbuhan seiring dengan program hilirisasi yang digencarkan pemberintah.

Baca Juga: Kompak Anjlok Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Kamis 4 Agustus 2022

Belanja pemerintah pun turut ambil bagian meskipun diprediksi terkontraksi imbas basis tinggi yang mana pada tahun lalu, stimulus yang dikeluarkan cukup tinggi mengingat gelombang Covid-19 masif penyebarannya.

Hari ini, Pilarmas Sekuritas merekomendasikan investor untuk mencermati saham EMTK dengan target support dan resistensi 2.000-2.180, saham BBCA pada 7.600-8.025, dan ANTM pada 1.935-2.040.

Secara terpisah, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, kemarin IHSG ditutup menguat dengan rentang yang cukup terbatas setelah berfluktuasi sepanjang hari didorong oleh musim rilis kinerja semester I/2022.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat Terbatas pada Agustus, Cermati Saham-Saham Ini

Mayoritas emiten membukukan pertumbuhan yang positif. Di sisi lain, investor mengantisipasi rilis data PDB dan cadangan devisa pada hari ini Dennies memprediksi IHSG akan melemah hari ini.

Secara teknikal, candlestick membentuk doji dengan stochastic di area over bought membentuk deadcross mengindikasikan potensi pelemahan.

Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 7.002 dan 7.029 serta resistance 7.079 dan 7.100. Adapun beberapa saham yang menjadi rekomendasi Dennies untuk perdagangan hari ini adalah PTPP, MIKA, dan TOWR.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya