SOLOPOS.COM - Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). (Bisnis-Fanny Kusumawardhani)

Solopos.com, JAKARTA – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan pada perdagangan Selasa (19/7/2022) hari ini di tengah penantian investor terhadap hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada 20-21 Juli 2022.

IHSG menutup perdagangan dengan menguat tipis 0,11 persen atau 7,35 poin sehingga parkir di level 6.659,25 pada Senin (18/7/2022).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Padahal, IHSG sempat menembus level 6.700. CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan IHSG masih terlihat betah berada dalam rentang sideways dengan pola pergerakan masih terbatas baik peluang naik maupun turun.

“Sentimen laporan kinerja keuangan emiten sepanjang semester I/2022 masih dinantikan agar dapat memberikan booster terhadap kenaikan IHSG,” paparnya dalam publikasi riset, Senin (18/7/2022).

Hari ini IHSG berpotensi naik dalam rentang 6.578 – 6.789. Rekomendasi saham pilihannya adalah HMSP, BBCA, TBIG, ASII, SCMA, PWON, CTRA, SMRA, KLBF.

Baca Juga: Luncurkan BNI DigiGriya, Semua Ada di BNI

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper menyampaikan IHSG kemarin ditutup menguat dengan rentang terbatas setelah bergerak fluktuatif di awal perdagangan.

Dennies menjelaskan pergerakan IHSG masih minim akan sentimen pada awal pekan ini. Oleh sebab itu, investor cenderung wait and see menantikan kebijakan suku bunga pada tengah pekan nanti. Pada perdagangan hari ini, Dennies memprediksi IHSG melanjutkan penguatan.

Dia menjelaskan secara teknikal candlestick, IHSG membentuk doji dengan lower high dan lower low dan MACD masih dalam tren distribusi mengindikasikan potensi pelemahan namun dalam rentang yang terbatas.

Baca Juga: Kemungkinan Terjadi Resesi di Indonesia Hanya 3%

“Pergerakan masih minim sentimen, di sisi lain, investor cenderung wait and see menanti kebijakan suku bunga BI,” tulisnya dalam riset harian, dikutip Senin (18/7/2022).

Untuk perdagangan hari ini, Artha Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak dengan support 6.612 dan 6.566 serta resistance 6.703 dan 6.748.

Sejumlah saham yang dapat dicermati untuk perdagangan Selasa (19/7/2022) ialah DSNG, TOWR, dan EXCL.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, Selasa 19 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya