SOLOPOS.COM - Ilustrasi rokok (JIBI/Solopos/Antara)

Ratusan ribu orang yang menggantungkan kehidupan mereka pada industri ini kebanyakan adalah perempuan.

Harianjogja.com, SLEMAN – Industri rokok di Indonesia memiliki omzet mencapai ratusan juta dolar setiap tahunnya. Rupanya ratusan ribu orang yang menggantungkan kehidupan mereka pada industri ini. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengajar di Universitas Leiden, Ratna Saptari mengatakan industri rokok banyak menyerap tenaga kerja low-skilled yang dipekerjakan sebagai buruh pabrik. Dimana sebagian besar dari buruh ini adalah perempuan.

“Kebanyakan perempuan yang bekerja sebagai buruh dalam industri rokok. Dan banyak diantara mereka jadi sumber penghasilan utama bagi keluarga. Ini juga menunjukkan peran peremuan yang sangat besar bagi industri rokok,” kata Ratna saat mengisi diskusi bulanan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada (UGM) di Auditorium Gedung Masri Singarimbun, Rabu (3/2/2016).

Lewat tema “Mobilitas Modal, Proses Kerja, dan Dinamika Gender dalam Rantai Produksi Industri Rokok”, Ratna ingin menunjukkan bagaimana kehidupan pekerja perempuan di pabrik rokok Sampoerna di Surabaya dan Jombang.

Perempuan menjadi pilihan dibandingkan dengan laki-laki, karena pekerja laki-laki lebih banyak terlibat di serikat buruh dan kerap melakukan aksi mogok kerja. Hal ini bisa menghambat proses produksi.

“Buruh perempuan ini sebagian besar dari daerah-daerah di sekitar lokasi pabrik. Namun, ada juga perempuan yang merantau dari desa yang cukup jauh dengan berbagai alasan,” jelas Ratna.

Menurut Ratna dalam industri ini menuntut adanya standarisasi kerja dan target capaian yang cukup tinggi. Bahkan setiap bulan ada evaluasi dari manajemen pabrik tentang capaian target dan standarisasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya