SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita lebih mudah kedinginan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Para ilmuwan telah menemukan penyebab perempuan lebih sering merasa kedinginan daripada laki-laki. Para peneliti menemukan adanya perbedaan pada kedua jenis gender ini.

Lebih mudah kedinginan ini bukan hanya berlaku pada manusia, melainkan juga satwa.  Mereka menemukan sifat yang sama ini pada spesies burung dan mamalia. Betina lebih memiliki sarang yang hangat karena nyaman dan jantan lebih memilih sarang yang dingin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dr Eran Levin dari Universitas Tel Aviv mengatakan bahwa pria dan wanita bisa merasakan suhu secara berbeda. Berdasarkan sudut pandang evolusi ini, setiap pasangan bisa mengambil jarak satu sama lain sehingga masing-masing bisa mendapatkan kedamaian dan ketenangannya.

Baca Juga:  Ketiak Berwarna Hitam? Begini Cara Mengatasinya

“Studi kami telah menunjukkan bahwa fenomena tersebut tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga banyak spesies burung dan mamalia. Betina lebih menyukai Lingkungan yang hangat daripada jantan,” kata Dr Eran dikutip dari The Sun dan ditulis suara.com, Rabu (6/10/2021).

Dr Eran juga menambahkan fenomena tersebut terkait dengan beberapa ciri lain yang terlihat pada hewan dan manusia. Misalnya, betina lebih cenderung meringkuk bersama untuk mendapatkan kehangatan. Sedangkan, jantan sering menjaga jarak satu sama lain.

Baca Juga:  Sandal Syahrini Jadi Sorotan, Harganya Bikin Warganet Kaget

Pada spesies burung yang bermigrasi, jantan menghabiskan musim dingin di daerah yang lebih dingin daripada betina yang mencoba menghindari angin. Ini membuktikan betina memang lebih mudah kedinginan dibandingkan pejantan.

Lalu, kelelawar betina cenderung meringkuk bersama di sudut yang nyaman dan kelelawar jantan lebih suka menyebar untuk mencari angin atau udara dingin. Di antara banyak mamalia, termasuk pasangan manusia, jantan lebih suka naungan dan betina lebih suka sinar matahari. Jantan lebih suka naik ke puncak gunung dan betina tetap berada di lembah.

Baca Juga:  Duh! Pesawat Air India Tersangkut di Bawah Jembatan Layang

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Global Ecology and Biogeography ini menambahkan jantan dan betina yang memiliki tempat terpisah ini membantu mengurangi persaingan atas sumber daya di lingkungan dan menjauhkan jantan yang mungkin agresif dan membahayakan anaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya